Manfaat Minyak Atsiri Yang Menakjubkan

Essential oil adalah minyak alami yang berasal dari hasil penyulingan atau esktraksi bagian-bagian tanaman seperti daun, biji, kulit, dan bunga. Dalam bahasa Indonesia, essential oil disebut sebagai minyak atsiri. Berdasarkan catatan peneliti, minyak atsiri atau EO sangat beraneka ragam dan tentunya mempunyai khasiat yang berbeda-beda.

minyak-cengkeh-asli

Minyak Atsiri

Indonesia ternyata memiliki beberapa essential oil penting loh, seperti minyak nilam (Patchouli Oil), Pala (nutmeg oil), Sereh wangi (citronella oil) dan Minyak Cengkeh (Clove Oil). Sementara minyak lavender, peppermint, lime atau lemon adalah minyak luar yang biasanya di Import oleh Indonesia.

Dalam minyak atsiri, ditemukan berbagai jenis senyawa kimia dan kebanyakan senyawa kimia tersebut dapat berfungsi sebagai anti virus dan bakteri. Oleh karena itu, minyak atsiri kebanyakan digunakan sebagai antibakteri dan virus dalam dunia medis. Guys, tidak hanya sebagai anti virus dan bakteri, bedasarkan draxe.com, ternyata minyak atsiri mempunyai berbagai 101 macam manfaat yang menakjubkan, diantaranya yaitu :

1) All-purpose cleaner (sebagai disinfektan), 2) Natural mosquito repellent (pengusir nyamuk), 3) Clean air (pembersih udara), 4) Washing machine (pembersih mesin), 5) sunscreen (anti UV), 6) Anti Mikrobial and Virus, 7) Anti cancer, 8) Anti Aging, 9) Lose weight (untuk diet), 10) Improve Blood circulation, 11) Reduce teeth grinding.

Saat ini, telah banyak berkembang berbagai produk aromatherapy, baik produk pembersih, maupun produk wewangian. Nah guys, aromatherapy sendiri adalah salah satu istilah dalam penggunaan minyak atsiri. Karena jika kita menggunakan minyak atsiri, kita bukan saja mendapatkan aroma yang khas dan wangi, namun juga efek terapinya. Ingat ya, hanya yang asli atau bukan sintetis atau fragrans yang mempunyai efek terapi terhadap kesehatan.

Semoga Informasi Ini Bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s