11 Manfaat Minyak Cendana Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak cendana (sandalwood oil) merupakan minyak yang berasal dari hasil penyulingan hati kayu (heart wood) batang pohon Cendana. Minyak ini merupakan minyak “magic” yang istimewah. Tahukah anda bahwa ternyata minyak sandalwood sudah digunakan sejak 2000 tahun yang lalu? Sejarah mencatat bahwa putri Cleopatra, para raja-raja Babylonia dan raja-raja romawi dulu, telah menggunakan cendana ini sebagai bahan wewangian dan dupa.

20150618_005340

Minyak Cendana NTT @mikala Shop

Terdapat beberapa jenis tanaman cendana di dunia, yang beberapa diantaranya telah diidentifikasi. Jenis cendana tersebut adalah : Santalum album yang berasal dari India dan Indonesia khususnya NTT, Santalum grogiry (Cendana Papua), Santalum spicatum (Australian Sandalwood), dan Santalum Ellipticum yang berasal dari  HawaiiSemua cendana diatas dapat menghasilkan minyak cendana, namun karakter dan aromanya yang berbeda-beda. Berdasarkan permintaan pasar, jenis cendana yang sangat diminati dan sering digunakan dalam wewangian, yaitu cendana NTT atau Cendana India yang dikenal dengan minyak Santalum album. Beberapa pakar mengatakan bahwa minyak ini baik untuk kesehatan dan kecantikan serta aromaterapy. Selain itu minyak cendana yang sangat diminati juga adalah Sandalwood Mysore yang berasal dari India.

Sebenarnya apa yang membedakan keduanya? Dari segi wangi, minyak sandalwood mysore mirip dengan sandalwood NTT, namun kurang tajam. Sementara, minyak sandalwood Papua wanginya sangat berbeda dengan keduanya. Saya menggambarkan bau minyak cendana papua ini seperti minyak goreng :D. Tapi konon, minyak ini secara empiris bermanfaat untuk penyakit jantung dan katarak.

Saat ini tanaman cendana sudah dikategorikan sebagai tanaman yang dilindungi atau langka. Karena hal tersebut, bahan baku cendana, khususnya yang dari Indonesia begitu sulit. Walaupun banyak perusahaan dan juga masyarakat telah membudidayakan tanaman cendana, bahan baku untuk minyak cendana baru bisa dipanen 10 tahun kedepan.

Minyak cendana mempunyai berbagai khasiat dan kegunaan. Dalam pengobatan India atau yang disebut sebagai ayurvedic medicine, minyak cendana digunakan sebagai obat penenang syaraf, antibakteri pada peradangan jerawat, dan untuk meningkatkan jumlah sel darah putih. Jadi,minyak cendana ini ternyata bagus buat wajah yang berjerawat. Di India juga, minyak cendana dibuat menjadi sirup yang berkhasiat mengobati batuk dan sakit tenggorokan menahun.

Dikutip dari organicfact.com, minyak cendana mempunyai beberapa manfaat yaitu :

  1. Untuk mengobati batuk, pilek, gondok dan penyakit kerongkongan lainnya.
  2. Sebagai anti radang yang disebabkan oleh demam atau virus.
  3. Mengurangi tekanan darah yang dialami oleh orang dengan tekanan darah tinggi (hipertensi)
  4. Meningkatkan dan merangsang daya ingat dan konsentrasi.
  5. Membuat otak tenang, santai, dan menghilangkan kecemasan serta mencegah stress.
  6. Meningkatkan relaksasi, ketenangan, konsentrasi, penglihatan batin, dan pikiran positif.
  7. Menjadi tonik kesehatan yang sangat baik bagi siapa saja, terutama bagi pertumbuhan anak.
  8. Menenangkan perut dan sistem pencernaan, peredaran darah dan saraf
  9. Membantu semua system tersebut untuk menjadi selaras dan tidak menimbulkan kelainan.
  10. Sebagai deodoran untuk menghilangkan bau badan.
  11. Melembutkan rambut dan kulit serta, mencegah jerawat pada kulit

Minyak cendana boleh digunakan secara langsung. Selain itu, minyak ini juga aman untuk anak-anak dan ibu hamil. Bagi yang berkulit sensitif, minyak cendana harus dicampur dengan minyak karir terlebih dahulu dan pada takaran tertentu. Minyak karir yang dapat digunakan seperti minyak zaitun, Minyak kelapa murni dan minyak biji anggur.

Complimentary Oils

Sandalwood essential dapat dicampur dengan minyak cypress, frankincense, lemon dan myrrh. Selain itu, minyak ini juda dapat dicampur dengan minyak patchouli atau cananga

Kami menjual minyak cendana NTT dengan sertifikat lab untuk GCMS.

Hubungi : Amina – WA : 081212821214. Cek Instagram kami di @mikala_aromatica

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s