Minyak Kayu Putih Asli Warisan Leluhur Indonesia

Minyak kayu putih sudah sangat familiar oleh masyarakat Indonesia. Tapi tahukah anda? Minyak kayu putih asli ternyata mempunyai wangi yang berbeda dengan minyak kayu putih yang beredar di pasar saat ini. Dan tahukah anda? minyak kayu putih yang kita pakai selama ini, ternyata bukanlah minyak kayu putih asli nusantara. Sebut saja MERKNYA ***LANG.

Minyak kayu putih merk diatas bukanlah minyak kayuputih, namun minyak eukaliptus asal China. Hal ini telah disampaikan oleh owner Caplang sendiri pada Konferensi Nasional Minyak Atsiri (KNMA) 2013, yang diselenggarakan di Padang.

Berdasarkan catatan peneliti, terdapat 300 jenis kayu putih di Dunia. Kebanyakan tanaman tersebut tumbuh di Australia dan sebagiannya tumbuh di wilayah Asia Tenggara, yaitu : Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Indonesia sendiri ternyata mempunyai beberapa jenis kayu putih dan yang baru terdata yaitu sebanyak tiga jenis, dengan nama latin sebagai berikut: melaleuca leucodendron, M. Cajuputi Roxb dan M. Viridiflora Corn. Dari tida jenis kayu putih tersebut, spesies yang menghasilkan minyak kayu putih dengan standar Internasional, yaitu yang tumbuh di wilayah Maluku dan sekitarnya. Kayu putih ini mempunyai nama latin Malaleuca cajuputi dan Kayu putih inilah yang merupakan warisan khas nusantara.

kayuputih

Kayu Putih Khas Indonesia (Malaleuca cajuputi)

Selain tumbuh di wilayah Maluku (pulau Buru, Seram, Nusalaut, Ambon), ternyata tanaman ini juga tumbuh di wilayah Sumatera Selatan (sepanjang sungai Musi, Palembang), Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Irian Jaya. Saat ini tanaman ini dibudidayakan oleh perum perhutani dan menjadi salah satu proyek bisnisnya. Namun dari semua kayu putih tersebut, kualitas minyak kayu putih yang utama dan terbaik untuk dunia yaitu yang berasal dari Maluku, khususnya Pulau Buru. Minyak kayu putih tersebut adalah asli dan khas Indonesia, serta secara turun-temurun diusahakan dan digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Bahkan tercatat dalam manuskrip sejarah dan catatan orang Pulau Buru, (kebetulan kakek saya dulu adalah pengusaha dan eksportir kayu putih pada zaman belanda), bahwa minyak kayu putih ini sudah masuk kedalam perdagangan jalur sutra. Pada waktu itu, pasar minyak kayu putih terbesar adalah Belanda dan Cina.

Karena minyak kayu putih telah diusahakan sejak zaman Belanda, hingga saat ini masyarakat Maluku masih menggunakan sistem dan peralatan suling tradisional yang diwariskan dari Zaman Belanda tersebut.

tradisional

Penyulingan Tradisional Minyak Kayu Putih warisan Zaman Belanda

Adapun, warisan minyak gosok dari kayu putih sendiri adalah warisan budaya bangsa yang awalnya berasal dari Maluku. Bagi orang Maluku, penggunaan minyak kayu putih sebagai obat luar sudah diwariskan turun-temurun. Seiring dengan perkembangan bisnis minyak kayu putih, pasokan bahan baku minyak ini tidak memadai, sehingga perusahaan yang memproduksi minyak kayu putih ***LANG, harus mengimpor minyak eucaliptus (Eucalyptus globulus) dan diracik dengan label kayu putih.

Jadi, selama ini kita memakai minyak eucalyptus, bukan kayu putih asli warisan nusantara. Walaupun secara khasiat sama dengan minyak kayu putih, namun wanginya sangat berbeda. Untuk wangi minyak kayu putih asli Indonesia, ada mint-nya dan segar serta lebih enak dibanding dengan minyak kayu putih yang beredar sekarang. Akan tetapi, karena kita telah terbiasa menggunakan minyak kayu putih, jika ditawarkan minyak kayu putih asli, kita seperti ragu menggunakannya. Bagi yang tinggal di wilayah Maluku dan Papua, biasanya mereka lebih senang mengunakan kayu putih asli dari Indonesia. Hal ini karena kayu putih ini sangat khas dan enak dibadan.

Selain sebagai obat gosok, ternyata khasiat minyak kayu putih asli, sangat banyak, seperti : sebagai antiseptik , kosmetik , bakterisida , insektisida , dekongestan , analgesik , ekspektoran , obat penurun panas , vermifuge , anti – spasmodik , anti – neuralgic , karminatif , stimulan , tonik , sudorific , dan substansi emenagogue (organicfacts.net)

Hmmm… sudah tau sekarang bukan manfaat kayu putih asal Nusantara?. Apakah anda penasaran menggunakannya?

FYI : Saat ini banyak beredar minyak kayu putih asli Ambon atau Maluku, namun Anda harus berhati-hati. Karena saat ini banyak yang mencampur minyak kayu putih asli dengan cairan terpentin. Jika sudah ada pencampuran, maka sangat tidak baik untuk kesehatan dan kulit. Serta bagi minyak kayu putih tersebut, sangat rentan untuk rusak dan tidak dapat bertahan lama. Bagaimana membedakan minyak kayu putih pure asli dan tidak pure?

Secara tradisional dan manual dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Kocok minyak kayu putih dengan kencang. Jika  terdapat banyak busa dan busanya tidak gampang hilang, dpiastikan minyak tersebut telah dicampur dengan minyak terpentin.
  2. Jika dioleskan kekulit tidak terlalu angat dan “pedas”
  3. Wanginya akan cepat hilang dan tidak akan bertahan lama. Jika disimpan, lama-kelaman, wangi minyak kayu putih akan berubah karena terjadi kerusakan.
  4. Harganya murah. Karena minyak kayu putih asli sangat sedikit produksinya.

Jika dianalisis menggunakan Gas Cromatografi, akan terlihat campuran senyawa-senyawa minyak terpentin.

So, Pilih yang asli ya? dan anda bisa mendapatkannya disini atau di : http://www.nonakayuputih.wordpress.com

Kami menjual minyak kayu putih asli Maluku. Yuk Cek Ig Kami : @mikala_aromatica

825685_a9d89bfa-abbf-49ed-a27d-d0fa8b151d7a-1

Minyak Kayu putih Asli Maluku

Semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s