7 Manfaat Minyak Cardamom Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kapulaga atau cardamom, berdasarkan survey pasar internasional, termasuk rempah termahal ketiga di dunia setelah saffron dan vanillin. Rempah asli Indonesia ini banyak diminati dan digunakan dalam berbagai masakan dan olahan pangan dunia. Dalam pasar internasional, dikenal beberapa produk kapulaga, salah satunya adalah essential oil kapulaga atau yang lebih dikenal dengan nama cardamom oil. Minyak ini diperoleh dari hasil penyulingan biji buah kapulaga tanpa dikupas, dengan metode steam distillation. Berdasarkan metode destilasi ini, rendemen minyak kapulaga yang didapatkan yaitu 2%.

13151026_1009574402458955_223350634_n

Cardamom oil @Mikala Shop

Berdasarkan hasil analisis, cardamom oil mempunyai karakteristik yaitu : berwarna kuning muda dan jernih, serta beraroma balsamic, sweet, dan spicy. Sementara berdasarkan hasil analisis GC-MS, cardamom oil mengandung beberapa komponen kimia, seperti: 1.8 Cineole (26.5-44.6%), Alfa-terpinyl acetate (29.2-39.7%), (+)-limonene (1.7-6.0%), Linalool (0.4-5.9%), Alfa- terpineol (0.8-4.3%), dan Geraniol (0.3-1.1%). Karena adanya kandungan linalool dan geraniol dalam minyak cardamom, kadar anti oksidant dalam minyak kardamon menjadi tinggi.

Adapun, cardamom oil berdasarkan regulasi essential oil tergolong dalam HAS GRAS STATUS. Minyak ini aman digunakan oleh orang dewasa dan remaja atau orang yang tidak mempunyai gangguan CSN. Hal ini merujuk pada hasil riset yang dilakukan pada hewan percobaan (tikus dan kelinci), bahwa minyak kardamon pada konsentrasi 4% walaupun tidak diencerkan, tidak menimbulkan iritasi pada kulit hewan percobaan tersebut, dan tidak bersifat phototoksik. Jadi, Minyak Kardamom aman digunakan untuk orang dewasa dan pada produk apapun. Sementara bagi anak kecil dan bayi, cardamom oil  belum dapat direkomendasikan buat mereka. Hal ini karena dalam minyak cardamom, terdapat senyawa 1.8 Cineole yang sangat tinggi. Berdasarkan catatan peneliti, senyawa 1.8 Cineole dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada anak kecil.

Minyak kapulaga (cardamom oil) mempunyai banyak manfaat sehingga kebutuhan dan permintaan minyak ini cukup tinggi, terutama untuk pasar aromatherapy, farmasi, skincare dan Food & Baverage. Berdasarkan catatan WIKIPEDIA, ternyata minyak kapulaga banyak digunakan dalam produk soft drink dan ice cream di Amerika loh. Nah, berikut beberapa manfaat cardamom oil yang harus kamu ketahui :

  1. Untuk Pernapasan

Cardamom oil bersifat antipasmodiac dan sangat baik untuk mencegah asma serta sinus pada orang dewasa. Hal ini dikarenakan dalam minyak ini terkandung senyawa 1.8 Cineole. Selain itu, cardamom oil juga memberikan efek hangat, sehingga sangat baik untuk mengatasi gatal ditenggorokan. Berdasarkan beberapa catatan herbalist, kapulaga atau cardamom baik dalam bentuk bubuk, maupun dalam bentuk essential oil, sangat baik untuk perokok aktif dan pasif. Hal ini dikarenakan Cardamom dapat menetralisir efek tembakau dan juga racun pada rokok. Jadi, sebaiknya para perokok harus lebih banyak mengonsumsi kapulaga dan essential oil-nya untuk menetralisir efek tembakau dan racun rokok. Dengan demikian, Cardamom oil dapat membersihkan paru-paru dan mencegah terjadinya cancer paru-paru.

  1. Untuk Pencernaan

Cardamom oil sangat hangat dan bersifat antiseptik. Selain dapat membantu mengatasi masalah gas dalam perut serta kembung, minyak ini juga dapat membantu mengatasi bakteri jahat dalam usus. Karena manfaat tersebut, banyak yang mengsumsi kapulaga bubuk sebagai minuman hangat atau bahan campuran dalam kopi, ice cream, atau produk F&B lainnya.

  1. Untuk Detoksifikasi dan Stimulant

Dalam minyak kapulaga (cardamom oil) terdapat senyawa kimia yang bersifat antioksidat dan antibakteri, sehingga minyak ini dapat dijadikan bahan detoks untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan juga sekaligus menstimulasi sekresi beberapa enzim. Selain itu, minyak kapulaga juga dapat menstimulasi diri dari tekanan depresi dan stress.

  1. Untuk Diuretik

Beberapa catatan peneliti mengungkapkan bahwa minyak kapulaga (cardamom oil) sangat baik untuk ginjal. Secara tradisional rimpang kapulaga telah digunakan untuk membantu mengeluarkan toksin dan kelebihan urea serta kalsium dalam ginjal. Sehingga, selain melancarkan urin, minyak kapulaga juga dapat mencegah dan membantu menyehatkan ginjal.

  1. Untuk Kulit

Minyak kapulaga mengandung senyawa anti oksidant dan atibakteri yang kuat. Selain itu, minyak ini juga mengandung vitamin C dan mangan. Sehingga, minyak kapulaga dapat membantu mencerahkan dan menyegarkan kulit, sebagai anti jerawat, anti aging, dan juga menyamarkan spot hitam diwajah.

  1. Untuk Melembabkan Bibir

Dalam produk-produk alami Internasional, minyak kapulaga (cardamom oil) sering ditambahkan dalam lipbalm untuk menyehatkan, melembabkan bibir serta mencegah bibir dari pecah-pecah dan kering.

  1. Untuk Rambut

Sama seperti jahe, kapulaga bukan saja berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan dan pernapasan, namun juga masalah rambut dan ketombe. Minyak kapulaga mempunyai kandungan antibakteri dan anti jamur yang baik untuk mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala. Sehingga, minyak kapulaga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut anda.

Cardamom essential oil dapat di campur dengan minyak-minyak essential berikut : bergamot, cedarwood, cinnamon, clove (cengkeh), orange, dan ylang-ylang atau cananga oil. Selain itu, kita juga bisa mencampurkan minyak ini dengan ginger oil, eucalyptus atau rosemary. Selamat mencoba

Nah Guys, Banyak bangatkan manfaat minyak kapulaga? Mau coba?  Yuk pesan sekarang di @mikala_aromatica

Advertisements

One thought on “7 Manfaat Minyak Cardamom Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s