12 Manfaat Minyak Lengkuas Untuk kesehatan dan Kecantikan

laos

Rimpang Laos (galangal)

Lengkuas atau laos merupakan tanaman rimpang-rimpangan yang juga merupakan salah satu jenis rempah asli Indonesia. Guys, ternyata rimpang lengkuas dapat disuling seperti kunyit dan jahe. Proses penyulingannya bisa menggunakan metode steam distillation atau water steam distillation. Minyak lengkuas yang dihasilkan berwarna kuning jernih dan tidak telalu cair, yang dalam pasar Internasional, disebut sebagai Galangal Oil. 

Dalam minyak lengkuas terdapat berbagai senyawa kimia yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan, seperti : 1.8 cineole, beta pinene, dan champor. Walaupun minyak lengkuas (galangal oil) belum terlalu familiar bagi masyarakat Indonesia, minyak ini banyak diaplikasikan dalam pengobatan dan juga produk kecantikan di China dan Korea, serta India. Nah, berikut beberapa manfaat minyak lengkuas terhadap kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui :

  1. Membantu mengeluarkan lemak dalam usus : Secara alami, lengkuas digunakan sebagai laktasi, sehingga lengkuas dan minyaknya dapat membantu mengeluarkan lemak jahat dalam usus.
  2. Mengatasi mabuk laut dan mual. Karena fungsi tersebut, minyak lengkuas dapat digunakan sebagai travell oil.
  3. Anti oksidant : Minyak lengkuas mengandung senyawa antioksidat yang tinggi, sehingga baik rimpang maupun minyak lengkuas, sangat bermanfaat untuk membuang racun dari tubuh dan mempercepat pemulihan penyakit atau demam.
  4. Anti- Inflamasi : Dalam minyak lengkuas, terkandung banyak senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi, sehingga minyak ini sangat baik untuk mengatasi rematik dan artritis.
  5. Anti bakteri dan jamur : Secara alami semua minyak rempah mengandung senyawa anti bakteri dan jamur. Jadi, minyak lengkuas sangat baik untuk mengatasi infeksi bakteri atau jamur.
  6. Mengatasi masalah pernapasan : Minyak lengkuas dapat melegahkan tenggorokan dan meredahkan flu, serta sebagai anti sinus dan asma.
  7. Anti Cancer : kadar anti oksidant yang tinggi dari minyak lengkuas membuat minyak ini dapat mencegah penyakit cancer.
  8. Melancarkan peredaran darah dan mencegah penyakit darah tinggi.
  9. Membantu menurunkan berat badan (diet). Fungsi alami lengkuas sebagai laksatif dan pengurai lemak usus, membuat rimpang dan minyak lengkuas sangat bermanfaat sebagai “rempah diet” atau bahan alami yang dapat membantu menurunkan berat badan.
  10. Anti aging dan Anti Wrinkle.  Kadar anti oksidat yang tinggi pada minyak ini, membuat minyak lengkuas sangat bermanfaat, terutama sebagai anti aging dan anti wrinkle (anti kerut).
  11. Anti jerawat : Fungsi anti bakteri dari beberapa senyawa kimia dalam minyak lengkuas, membuat minyak ini sangat baik untuk mengatasi jerawat. Selain itu, senyawa lemonen dalam minyak lengkuas dapat berfungsi ganda untuk menghilangkan bekas jerawat.
  12. Mengatasi rontok dan Ketombe : dalam produk perawatan rambut yang berasal dari China,  salah satu bahan yang menjadi komposisinya adalah ekstrak dan minyak lengkuas yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan. Sementara, berdasarkan pengalaman pengobatan aryuvedic India, lengkuas digunakan untuk menyehatkan dan menyuburkan rambut. Asam lemak lengkuas dan fungsi lengkuas dalam meningkatkan sirkulasi darah, sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Yang penasaran dengan minyak lengkuas.. Order langsung ke : 081380359541

Mau pesan dalam jumlah kg juga bisa sob 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s