5 Manfaat Minyak Daun Sirih (Piper Betel Oil)

Sirih (Piper betel ) tidak dapat lepas dari sebagian budaya Indonesia. Hal ini terkait erat dengan kegiatan “nyirih” yang telah turun-temurun diwarisi leluhur. Nyirih juga mempunyai filosofi yang kuat dan mempunyai beragam makna. Di wilayah Maluku contohnya, menyirih dapat mempunyai banyak makna, seperti untuk penyambutan tamu yang dihormati dan sebagai ucapan selamat datang. Selain fungsi adat, ternyata nyirih juga ampuh dalam merawat gigi dan gusi manula. Tak heran jika nyirih banyak digemari oleh Bapak dan Ibu manula di berbagai wilayah di Indonesia.

Kita sering bertanya, kenapa kegiatan nyirih ampuh untuk mengatasi kerontokan gigi pada manula?

Tenyata Guys, dalam daun sirih terkandung essential oil yang sangat baik untuk kesehatan. Berdasarkan hasil analisis, minyak ini mengandung beberapa senyawa penting yang berfungsi sebagai antibakteri kuat, seperti : Safrole (6.5-45.3%), Eugenol (20.5-33.2%), dan alfa terpynil acetate (6.8-11.0%). Karena adanya senyawa-senyawa kimia dalam essential oil minyak daun sirih, beberapa herbalis mengatakan bahwa daun sirih baik secara empiris maupun berdasarkan hasil eksperimen mempunyai manfaat termasuk untuk mengatasi masalah gigi. Nah, berikut 5 manfaat minyak daun sirih yang perlu kamu ketahui. Cekidot!

  1. Untuk anti bakteri dan anti Septik. Dalam minyak daun sirih, terdapat berbagai senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti septik dan anti bakteri alami. Senyawa kimia tersebut antara lain seperti eugenol dan 1.8 Cineol. Sehingga, minyak sirih dapat berfungsi sebagai antibakteri dan anti septik alami untuk gatal-gatal pada kulit dan infeksi bakteri lainnya.
  2. Untuk mengatasi masalah reproduksi. Dalam pengobatan tradisional di Indonesia, daun sirih digunakan sebagai bahan aktif pencegah masalah kewanitaan seperti keputihan. Sifat anti bakteri dari minyak sirih tersebut, sangat ampuh mengobati penyakit tersebut, sehingga minyak sirih bisa diaplikasikan dalam obat atau dalam produk-produk kesehatan reproduksi.
  3. Anti Inflamasi. Dalam minyak sirih terdapat berbagai senyawa kimia yang juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Jadi, minyak ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan inflamasi seperti : sakit punggung, rematik, dan arthritis.
  4. Untuk Mengatasi masalah Gigi. Daun sirih biasanya dikunyah untuk mengatasi masalah gigi. Berdasarkan hasil penelitian, senyawa volatile dalam minyak sirih, seperti eugenol, dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam mulut. Jadi, minyak daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi karang gigi dan masalah gigi lainnya.
  5. Mengatasi Masalah Infeksi Pada Kulit. Karena bersifat antibakteri, minyak sirih digunakan dalam produk-produk kosmetik tertentu, yaitu sebagai bahan alami anti jewarat dan masalah kulit lainnya.

Nah Guys, walaupun minyak sirih mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan, penggunaan minyak sirih harus sesuai dengan dosis tertentu dan harus menggunakan carrier oil. Hal ini karena minyak sirih termasuk minyak “keras”.  Terkait dengan dosis, berikut beberapa standar maksimal penggunaan minyak daun sirih (Betel leaf Oil) yang harus ada dalam suatu produk.

  • Uni Eropa (EU)    : 0.008%
  •  IFRA                     : 0.01%
  • Tisserad & young : 0.1%

Adapun, sebaiknya dosis penggunaan minyak sirih dalam produk-produk dermal hanya sebanyak 0.1%. Hal ini merujuk kepada besarnya kadar senyawa kimia safrole ( 45.3%), 4.8% estragole, dan 1.7% methyleugenol dalam minyak sirih tersebut. Bahkan, berdasarkan adanya kandungan senyawa Safrole, IFRA merekomendasikan penggunaan minyak daun sirih (betel leaf oil) yaitu sebanyak 0.01% dalam produk kosmetik. Sedangkan berdasarkan kandungan senyawa methyleugenol, sebaiknya penggunaan minyak sirih dalam body lotion sebanyak 0.0004%.

Semoga Informasi ini bermanfaat ya guys. Mau coba minyak daun sirih kami. Yuk order sekarang. Cek daftar harga di : MIKALA SHOP ya. 😉

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s