Manfaat Minyak Kenanga Yang Wajib Kamu Ketahui

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil essential oil terbanyak di dunia. Salah satu diantaranya adalah cananga oil. Minyak ini dihasilkan dari bunga tanaman kenanga (Cananga Odorata) atau dikenal juga dengan ylang-ylang. Guys, ternyata minyak kenanga hanya dihasilkan di Indonesia loh. Oleh karena itu, minyak kenanga juga menjadi minyak khas Indonesia.

bunga-kenanga

Bunga Kenanga

Sebenarnya, terdapat dua jenis minyak kenanga dalam pasar internasional, yaitu minyak kenanga grade I atau yang sering disebut sebagai minyak ylang-ylang dan Minyak kenanga grade III atau disebut cananga oil. Minyak ylang-ylang banyak diproduksi di Filipina dan Madagaskar. Minyak ini mempunyai warna kuning cerah, beraroma lembut dan wangi serta ringan atau light. Minyak ini banyak digunakan dalam produk-produk parfum atau pewangi, dan kosmetik. Sementara, minyak kenanga Indonesia mempunyai aroma yang berat dan berwarna kuning kecoklatan.

Walaupun berbeda pada aromanya, kedua minyak kenanga diatas mempunyai kegunaan yang hampir sama. Nah, menurut organicfact.com minyak kenanga mempunyai manfaat sebagai berikut :

  1. Sebagai Antidepresi dan Penenang

Minyak kenanga atau ylang-ylang, mengandung beberapa senyawa penting yang sangat baik untuk mengatasi depresi, rasa sedih dan cemas dan gelisah berlebihan, stress, serta trauma akut. Minyak ini juga disebut sebagai minyak peningkat mood dan perasaan serta harapan, sehingga minyak ini dapat menjadikan pikiran serta tubuh kita menjadi rileks dan tenang.

  1. Sebagai Anti septik

Sering kita mengalami luka akibat tersayat benda tajam. Luka ini bisa saja menimbulkan infeksi, apabila tidak ditangani dengan baik. Apalagi, jika luka tersebut disebabkan karena benda tajam yang terbuat dari logam atau besi. Infeksi yang akan terjadi lebih berbahaya atau disebut sebagai tetanus. Tentu sangat berbahaya kan bagi tubuh kita? Nah guys, minyak kenanga atau ylang-ylang ternyata dapat mencegah dan menghambat tetanus dan memproteksi luka pada tubuh dari infeksi bakteri atau jamur. Bahkan minyak ini bekerja cukup cepat untuk masalah infeksi dan tetanus tersebut.

  1. Sebagai Aphrodisiac atau Perangsang Seksual

Kebanyakan senyawa kimia dalam minyak bunga-bungaan, sangat bermanfaat sebagai aphrodisiac atau peningkat rangsangan seksual. Minyak ylang-ylang atau kenanga termasuk salah satu minyak aphrodisiac kuat. Sehingga, minyak ini sangat baik bagi pasangan suami istri yang telah mengalami penurunan rangsangan seksual yang diakibatkan oleh banyak tekanan kerja, depresi, dan akibat efek polusi atau pencemaran lingkungan. Kebanyakan kasus penurunan ransangan seksual ini sering dialami oleh kaum perempuan. Nah Girls, jangan khawatir, anda bisa gunakan minyak kenanga atau ylang-ylang sebagai peningkat libido. Dijamin deh, hubungan anda dengan pasangan anda akan harmonis. Selain itu minyak ini juga mempercantik pikiran anda.

  1. Sebagai Anti Eczema

Eczema seperti Seborrhoea or Seborrhoeic Eczema termasuk penyakit yang sering terjadi pada kulit kepala, pipi, alis dan tempat-tempat yang mempunyai kantung rambut. Penyakit ini diakibatkan oleh tidak teraturnya produksi sebum dan terjadi infeksi pada sel epidermis kulit. Untuk mengatasi dan melawan penyakit ini, kita dapat menggunakan minyak ylang-ylang atau kenanga. Minyak ini bermanfaat untuk mengurangi infeksi, dan iritasi atau kemerah-merahan pada kulit tersebut.

  1. Sebagai Penurun Tekanan Darah.

Minyak ylang-ylang atau kenanga sejak jaman dulu, digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Minyak ini bahkan disebut sebagai agen penurun tekanan darah dan sebagai obat alternative. Jadi minyak kenanga bisa menjadi solusi natural untuk mengatasi tekanan darah tinggi anda.

  1. Sebagai Pelancar Peredaran Darah dan Detoksifikasi

Minyak ylang-ylang dan kenanga baik digunakan sebagai bahan massage atau pijat. Hal ini karena minyak ini ternyata sangat baik untuk meningkatkan peredaran darah dan membantuk mengeluarkan racun atau detoksifikasi racun dari dalam tubuh melalui urin, feses, atau keringat.

  1. Sebagai Pelembab Kulit dan Rambut

Selain fungsi-fungsi diatas, minyak kenanga secara tradisional sudah digunakan dalam produk kecantikan, yaitu untuk melembabkan rambut dan kulit. Minyak ini sangat cocok untuk anda dengan masalah kulit berminyak loh girls 😉

Perhatian :

  • Sebelum menggunakan minyak kenanga, sebaiknya minyak tersebut didilute terlebih dahulu menggunakan karir oil, seperti :  minyak coconut, minyak zaitun atau lainnya.
  • Ada beberapa orang yang sensitive terhadap minyak cananga atau kenanga, sehingga baiknya jangan berlebihan menggunakan minyak ini. Biasanya 1 tetes minyak kenanga, didilute dalam 10 atau 15 ml carrier oil.
  • Bagi Ibu hamil, sebaiknya hindari minyak kenanga ya. Ada beberapa pakar yang tidak merekomendasikan minyak ini untuk ibu hamil karena dapat berbahaya untuk janin.

Blending : Untuk mendapatkan aromanya yang bagus, minyak kenanga dapat juga dicampur dengan minyak lemon, grapefuits, bergamont atau lavender.

Yang mau pesan minyak kenanga dan lainnya kontak disini : ka mina (081380359541)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s