The Magic of Turmeric

Ratusan abad yang lalu, rimpang kunyit telah digunakan dalam pengobatan aryuvedic di India dan tersebar ke berbagai penjuru dunia, hingga ke Indonesia. Di Indonesia, kunyit tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam masakan, obat tradisional, maupun dalam produk kecantikan.

turmeric

Turmeric

Saat ini, dengan adanya perkembangan teknologi, kunyit diolah menjadi berbagai macam produk, mulai dari makro produk hingga nano produk. Salah satu produk kunyit yang sangat diminati oleh pasar adalah turmeric oil atau minyak essential kunyit. Minyak ini mempunyai banyak manfaat dan sedang booming di luar negeri saat ini. Beberapa pakar aromaterapi bahkan merekomendasikan penggunaan minyak ini dalam produk skin care. Karena minyak ini mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

20170109_210101

Turmeric oil @mikala_aromatica

Seperti dilansir dalam turmericforhealth.com dan nootriment.com, ternyata kunyit atau minyaknya mempunyai banyak manfaat, berikut penjelasannya. Check This Out 😉

  1. Sebagai Anti Inflamasi 

Dalam minyak kunyit terdapat senyawa alfa curmene (50-60%) yang sangat bermanfaat sebagai anti inflamasi. Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal Onkogen, yaitu senyawa curcumin atau curmene dalam kunyit, sangat bermanfaat sebagai super anti inflamasi dan lebih dari aspirin dan ibuprofen. Sehingga, minyak kunyit dapat bermanfaat sebagai anti inflamasi pada beberapa penyakit, seperti artritis, kolesterol akut dan juga cancer.

  1. Sebagai Anti Arthritis

Sebuah studi yang dilansir dalam draxe.com, mengemukakan bahwa kunyit dapat mengobati pasien penyakit arthritis, seperti penyakit usus bocor dan jantung. Manfaat kunyit sebagai obat penyakit tersebut yang sama seperti obat arthritis, yaitu natrium diklofenak. Namun, kunyit tidak mempunyai efek samping jika dibandingkan dengan obat natrium diklofenak tersebut. Menakjubkan bukan?

  1. Sebagai Anti Kanker dan Obat Kanker

Minyak Kunyit secara alami sangat baik untuk mencegah dan mengatasi kanker. Dalam pengobatan tradisional di beberapa daerah di Indonesia, rimpang kunyit digunakan sebagai bahan pengobatan kanker. Ha ini ternyata didukung oleh hasil penelitian di Amerika pada tahun 2007 yang menyatakan bahwa kurkumin yang dikombinasikan dengan kemoterapi untuk mengobati sel kanker usus di laboratorium, ternyata dapat membunuh sel-sel kanker lebih dari penggunaan kemoterapi saja. Sehingga, diyakini kunyit dan produk turunannya seperti essential oil kunyit, dapat bermanfaat untuk membunuh sel kanker dan mencegah tumbuh dan menyebarnya sel-sel tersebut.

  1. Sebagai Obat Diabetes

Dalam pengobatan tradisional di Indonesia, kunyit secara alami digunakan untuk menurunkan gula darah dan mengembalikkan resistensi insulin secara alami. Hal ini didukung oleh sebuah studi dari Auburn University yang menemukan bahwa kurkumin dalam kunyit secara harfiah 400 kali lebih kuat dari Metformin (obat diabetes umum) dalam mengaktifkan AMPK, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan dapat membantu membalikkan Diabetes Tipe II. Selain itu, kurkumin juga dapat mengoreksi penyebab diabetes, serta telah terbukti memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan resistensi insulin dan hiperglikemia. Sabagaimana diketahui bahwa salah satu komplikasi yang paling umum dari diabetes adalah rusaknya pembuluh darah yang dapat menyebabkan kebutaan. Akan tetapi, sebuah penelitian menemukan bahwa suplementasi dengan kurkumin dapat menunda komplikasi yang mengerikan tersebut karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan Seperti Radang Lambung, Mag, dan Radang Usus

Radang lambung dan Mag adalah penyakit yang banyak dialami masyarakat Indonesia, pekerja dan pelajar atau mahasiswa. Secara tradisional, kasus penyakit mag dapat disembuhkan menggunakan ramuan kunyit. Selain itu, Kunyit juga menjadi probiotic alami dan tidak menimbulkan efek samping atau bahaya pada hati, apabila dikunsumsi dalam jumlah banyak dan secara terus-menerus.

6. Untuk Mengatasi Masalah Cholesterol

Kolesterol merupakan penyakit turunan atau diakibatkan oleh life style yang buruk. Berdasarkan konsultasi dengan beberapa dokter, ternyata kolestrol berlebihan dapat juga menyebabkan sejumlah penyakit seperti diabetes, jantung, dan struk. Secara tradisional, untuk pengobatan kolesterol, dokter akan memberikan obat yang bernama Lipitor atau statin. Namun, obat ini ternyata dapat memberikan efek samping. Nah Guys, jangan khawatir karena ternyata kunyit dan minyak kunyit mirip seperti fish oil yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk menerunkan tekanan oksidatif dan inflamasi dalam pengobatan kolesterol.

  1. Anti Bakteri dan Anti Perih

Kunyit dan minyak kunyit mengandung anti bakteri atau anti septik secara alami, sehingga banyak pengobatan untuk kasus berdarah akibat kena goresan benda tajam atau terinfeksi bakteri, dapat diobati menggunakan kunyit atau minyaknya.

  1. Untuk Menyehatkan Hati dan Detoksifikasi

Dalam minyak kunyit, terdapat kompenen kimia Ar-turmerone, yang dikenal sebagai penyehat hati dan mencegah penyakit liver seperti hepatitis. Selain itu, kunyit juga dapat membantu detoksifikasi tubuh dan membuang racun yang ada di dalam tubuh.

  1. Alzheimer.

Beberapa peneliti Amerika tercengang dengan orang Asia, terutama India. Hal ini dikarenakan 0.1% dari mereka yang terkena penyakit mematikan, yaitu Alzheimer. Setelah dilakukan penelitian, ternyata orang India banyak mengonsumsi makanan dengan bumbu kunyit didalamnya yang mencegah mereka terkena penyakit alzheimer.

Selain manfaat-manfaat diatas, kunyit juga mempunyai manfaat untuk kecantikan, yaitu sebagai antioksidat, anti aging, dan anti jerawat. Secara tradisional manfaat ini telah dibuktikan secara turun-temurun dalam perawatan kecantikan putri kerajaan di Nusantara. Kunyit sering digunakan dalam produk seperti masker atau bedak dingin, lulur dan jamu-jamuan lainnya. Untuk anti jerawat atau acne, saya sangat merekomendasikan minyak kunyit, apalagi jika di-blending dengan lemon.

Selain itu, kunyit atau minyaknya dapat mencerahkan kulit dan dapat membuat Kulit menjadi Glowing. Hal ini karena minyak kunyit atau kunyit sendiri mampu mendetoks racun pada kulit dan membuat kulit menjadi glowing dan muda.

Untuk kamu yang ingin memesan minyak kunyit dan mencobanya langsung, silahkan hubungi nomor kontak berikut : 081380359541.

Kami juga menjual minyak kunyit per kg dengan harga yang hemat. yuk kunjungi store kami sekarang di Instagram : @mikala_aromatica.

Semoga informasi ini bermanfaat ya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s