Apakah Essential Oil Halal?

Menjawab beberapa pertanyaan pelanggang kepada kami mengenai kehalalan minyak atsiri yang kami jual, kali ini, saya ingin memaparkan mengenai kehalalal essential oil. APAKAH ESSENTIAL OIL HALAL?

apakah-essential-oil-halal

Apakah Essential Oil Halal?

Essential oil merupakan hasil metabolisme sekunder dari suatu tanaman. Biasanya metabolit ini terakumulasi dalam bagian tanaman seperti akar, batang, daun, buah, dan bunga. Sehingga tak heran pada bagian-bagian tersebut terdapat aroma khusus dan khas. Aroma inilah yang dinamakan sebagai atsiri atau volatile atau essential.

Guys, secara alami, ternyata metabolit sekunder atau atsiri ini, sangat bermanfaat bagi tanaman, seperti untuk mengusir predator, menarik serangga polinasi seperti lebah (khususnya pada bunga-bungaan), dan sebagai antibiotik alami bagi tanaman itu sendiri.

Adapun, atsiri atau metabolit sekunder mempunyai bentuk perupa cairan dan sebagian lainnya dalam bentuk resin atau gum. Oleh karena itu, banyak yang menyebutkan cairan tersebut sebagai minyak atsiri atau essential oil. Berbeda dengan minyak-minyak lainnya, seperti zaitun dan vco, essential oil mempunyai karakter yang khas, yaitu : dapat menguap pada suhu ruang dan mempunyai aroma seperti tanaman atau sumber penghasilnya.

Terkait dengan kehalalan, kami dapat menjamin bahwa essential oil adalah minyak yang sangat halal. Hal ini karena selain berasal dari tumbuhan, untuk mendapatkan minyak ini, kebanyakan dilakukan proses ekstraksi dengan metode distilasi yang cukup sederhana, tanpa menggunakan bahan tambahan lainnya. Walaupun, sebenarnya ada sebagian essential oil, terutama essential oil bunga-bungaan, yang diproduksi dengan menggunakan metode enflurasi dan metode ekstraksi menggunakan alkohol.  Sehingga, untuk essential oil yang diahasilkan dengan proses tersebuttitik kritis kehalalannya tergantung pada media atau pelarutnya.

Alhamdulillah, semua jenis essential oil dari Indonesia HALAL dan dihasilkan dengan cara penyulingan menggunakan metode steam distillation, water steam distillation, dan water distillation. 

APA SIH METODE-METODE ITU? Yuk Check This Out!

Dikutip dari wikipedia.com, distilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Dalam penyulingan, campuran zat dididihkan hingga menguap.  Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu. Uap yang yang dihasilkan tersebut kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Nah, cairan yang didapatkan ini berupa essential oil.

Unit Distilasi Sederhada Skala Lab (Wikipedia.com)

Metode penyulingan termasuk sebagai unit operasi kimia jenis perpindahan massa. Penerapan proses ini didasarkan pada teori bahwa pada suatu larutan, masing-masing komponen akan menguap pada titik didihnya. Model ideal proses distilasi tersebut didasarkan pada Hukum Raoult dan Hukum Dalton.

Proses distilasi mempunyai banyak metode dan tujuan, tergantung dari produk apa yang dihasilkan. Ada proses distilasi yang bertujuan untuk mendapatkan air bersih, ada yang untuk mendapatkan minyak atsiri, minyak bumi dan juga alkohol.

Khusus untuk minyak atsiri, proses distilasi atau penyulingan adalah salah satu metode yang sering digunakan. Secara tradisional atau berdasarkan pengalaman dilapangan, proses distilasi untuk essential oil khususnya dari Indonesia yang sering digunakan, yaitu : distilasi uap (Steam distillation), distilasi air (Water Distillation), dan Distilasi Uang Air (Water Steam distillation). Selain metode ini, terdapat juga metode lain yang disebut dengan enflurasi, maserasi, dan ekstraksi menggunakan solven atau pelarut.

  • Distilasi Uap (Steam Distillation)

Distilasi atau penyulingan uap digunakan dalam proses penyulingan konventional di Indonesia untuk beberapa minyak, seperti : minyak biji pala (Nutmeg oil), cendana (sandalwood oil), nilam (patchouli oil), akar wangi (vetiver oil), dan minyak lainnya dari bahan baku agak keras. Dalam penyulingan ini, bahan bakar yang digunakan untuk memanaskan boiler berupa BBM atau dapat juga menggunakan kayu bakar dan batu bara. Uap panas akan dihasilkan dari boiler dan dialirkan ke tangki bahan baku untuk menguapkan essential oil dari bahan baku. Essential oil yang teruapkan, dikondensasi dalam pendingin atau kondensor untuk dikumpulkan. Essential oil yang dihasilkan dari proses ini, rata-rata mempunyai kualitas fisik yang bagus. Walaupun proses distilasi ini termasuk proses dengan biaya yang mahal, efisiensi proses produksinya cukup tinggi dan kualitasnya pun terjamin.

steam-distillation

Unit Steam Distillation (Therapies.com)

budapest-115

Steam Distillation In Bulgaria 

 

  • Distilasi Air-Uap (Water Steam Distillation)

Proses penyulingan ini banyak dilakukan oleh sebagian besar penyuling minyak atsiri di Indonesia. Metode ini dalam bahasa sederhana disebut sebagai sistem kukus (seperti orang menanak nasi). Pada alat penyulingan ini, bahan baku dimasukan ke dalam tangki yang didalamnya terdapat saringan yang memisahkan antara air dan bahan baku. Api dari tungku dengan bahan bakar berupa kayu bakar atau lainnya, akan menguapkan minyak atsiri dari bahan baku dan dialirkan ke kondensor untuk didinginkan dan dikumpulkan minyaknya di separator.

tungku-penyulingan-nilam

Penyulingan Minyak Nilam (Patchouli Oil) menggunakan sistem kukus

Proses ini kebanyakan digunakan untuk menyuling minyak nilam (patchouli oil), Sereh Wangi (citronella oil), Cengkeh (Clove Leaf Oil) dan lainnya. Jadi minyak yang dihasilkan adalah pure oil dan halal.

  • Distillasi Air (Water Distillation)

Proses penyulingan ini adalah proses penyulingan tradisional yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Secara sederhana, metode penyulingan ini disebut sebagai proses perebusan. Hal ini dikarenakan pada proses ini, bahan baku dimasukkan ke dalam air untuk diuapkan minyaknya. Biasanya, proses ini digunakan untuk bahan baku bunga-bungaan dan sebagian kayu-kayuan, seperti agarwood oil (minyak gaharu) dan Sandalwood oil (minyak cendana). Minyak yang didapatkan mempunyai aroma yang calm dan plesant, namun prosesnya cukup panjang.

  • Enflurasi

Enfleurasi merupakan metode pengambilan (ekstraksi) minyak atsiri dengan bantuan lemak dingin sebagai adsorbennya. Metode ini digunakan untuk mendapatkan minyak bunga-bungan, seperti : yasmin, mawar, chamomile, dan frangipani. Proses enflurasi sangat lama dan komplek, namun kualitas minyak yang didapatkan sangat bermutu tinggi dan harga jualnya sangat mahal. Biasanya minyak yang didapatkan disebut sebagai minyak absolut, seperti absolut mawar dan yasmin.

perfume-perfume-the-story-of-a-murderer-27191129-1280-800

Proses Enflurasi (Source)

Dalam proses enflurasi, dibutuhkan lemak sebagai media penyerap aroma dari bunga. Disinilah titik kritis kehalalan minyak atsiri. Jika digunakan lemak yang berasal dari hewan (terutama di Eropa), kehalalannya masih dipertanyakan. Tahukah anda? kebanyak lemak hewan yang digunakan dan dianggap paling bagus dalam proses enflurasi adalah lemak babi.

Menurut beberapa literatur, biasanya lemak yang digunakan berupa mentega putih atau shortening, lemak, dan lilin. Shortening adalah lemak padat yang mempunyai sifat plastis dengan kestabilan tertentu, umumnya berwarna putih dan sering disebut mentega putih. Bahan ini diperoleh dari hasil pencampuran dua atau lebih lemak atau dengan cara hidrogenasi.

Lemak dan Bunga Sumber : hazi-mvp.blogspot.co.id)

Untuk proses enflurasi sendiri, caranya adalah lemak dingin yang telah disiapkan dilumurkan secara merata ke dalam chassis –tempat lemak, yang berbentuk persegi empat. Setelah itu, kelopak atau bunga utuh yang telah disiapkan, ditaburkan diatas lemak untuk selanjutnya disimpan selama 24 jam. Setelah 24 jam, kelopak bunga atau bunga utuh yang telah jenuh tersebut diganti dengan kelopak bunga yang baru. Proses tersebut dilakukan selama beberapa kali, sehingga akan menghasilkan lemak yang disebut sebagai pomade (jadi Ingat pomade yang dipakai masa kecil :D). Jika kelopak bunga telah disebar sebanyak 10 kali, pomade yang dihasilkan disebut pomade 10. Pomade selanjutnya diekstrak dengan alkohol yang berkonsentrasi tinggi. Alkohol tersebut akan melarutkan minyak bunga yang ada dalam pomade. Selanjutnya, dilakukan penyulingan dalam keadaan vakum dan suhu yang rendah, sehingga akan dihasilkan minyak bebas dari alkohol yang disebut enfeurasi absolut.

Prinsip kerja enfleurasi cukup sederhana, yaitu jenis bunga tertentu (sedap malam dan melati misalnya) setelah dipetik, masih meneruskan aktivitas fisiologisnya dan masih berbau wangi dilatakkan diatas lemak. Lemak mempunyai daya absorpsi tinggi, dan jika kontak dengan bunga yang berbau wangi, lemak tersebut akan mengabsorpsi minyak yang dikeluarkan oleh bunga tersebut. Pada proses ini bunga dijaga agar tetap hidup dengan cara memberikan O2 secukupnya, agar minyak atsiri yang dikandung dapat diabsorpsi pada suhu ruang (25-300) (Guenther, 1987).

  • Esktraksi Pelarut or Solvent Extraction

Prose pengambilan minyak atsiri menggunakan metode ini sangat jarang dilakukan. Metode ini khususnya untuk mendapatkan absolut dan juga atsiri dari suatu tanaman yang jumlahnya cukup sedikit. Sama seperti enflurasi diatas, biasanya pelarut yang digunakan berupa alkohol dan hexane. Caranya yaitu bahan baku direndam dalam pelarut selama 1 hari atau lebih, setelah itu larutan ini dievaporasi untuk menghilangkan alkohol atau hexane. Titik kritis kehalalan dalam proses ini adalah pada alkohol yang tertinggal dari proses evaporasi. Jika masih tertinggal dalam larutan, larutan atsiri ini masih diragukan kehalalannya, hingga ditentukan batas maksimum ditoleriri alkoholnya.

Demikian pemaparan titik kritis kehalalan minyak atsiri or essential oil. Untuk minyak atsiri dari Indonesia, insha allah halal dan alami, asalkan 100% pure essential oil dan tidak dicampur dengan zat-zat atau bahan-bahan lain, kecuali carrier oil.

WARNING : BELI LAH MINYAK ATSIRI 100% PURE dan ASLI BUKAN SINTETIS PADA SUMBER YANG TERPERCAYA. 

MIKALA SHOP menjual 100% pure essential oil, alami dan therapeutic grade. Selain itu, kami juga menjual produk olahannya seperti massage oil, face oil dan lainnya.

Untuk pemesanan, silahkan hubungi admin melalui Whatsapp : +6281380359541 (KAMINA). YUK PESAN SEKARANG!

Semoga Informasi Ini Bermanfaat 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s