DIY & TIPS : MENYEMBUHKAN BATUK DAN FLU SECARA ALAMI ALA MIKALA

Kali ini saya ingin sharing mengenai pengalaman saya meninggalkan obat-obatan kimia sintetis dan beralih ke bahan herbal.

Dulu, Saat masih kuliah, saya banyak mengalami sakit, mulai dari tipes, usus buntu, hingga malaria. Ketika kondisi tubuh saya drop atau stress, saya akan mengalami demam atau terserang flu dan selanjutnya batuk. Untuk mengobati kondisi tersebut, saya sering mengonsumsi obat dokter hingga saya merasa kuping saya hampir budek. Setelah lulus kuliah dan bekerja, saya mulai mengatur dan menjaga pola makan, serta asupan makanan yang baik. Jujur, setelah kerja saya pun sering telat makan, namun tidak seperti saat masa kuliah. Selain itu, asupan yang masuk juga tidak sesempurnah yang dianjurkan yaitu : 4 sehat- 5 sempurnah. Namun, saya menyugesti diri untuk tidak mengonsumsi mie instan dengan merk apapun. Alahmdulillah, sudah 3 tahun lebih, saya tidak mengonsumsi mie instan dan obat-obatan kimia.

Seperti saya sampaikan diatas, saya mempunyai penyakit usus buntu yang cepat membuat tubuh drop. Jadi, saya selalu konsumsi obat terus menerus sebagai usaha instan. Suatu hari saya merasa benar-benar bosan untuk mengonsumsi obat dokter, saya khawatir tubuh saya resisten dan lain sebagainya. Ditambah lagi kondisi hormon saya semakin kurang baik. Akhirnya saya mencoba dengan inisiatif sendiri mengonsumsi bahan alami sebagai penyembuh batuk dan flus serta demam. Ramuan pertama yang saya coba cukup sederhana, Penjelasanya dibawah ini.

  • Ketika Saya Batuk dan Flu 

Saya sering mengalami batuk berdahak yang hingga menimbulkan gatal di tenggorokan . Saking gatalnya, saya pengen garuk dengan sesuatu. Untuk meredahkan gatal tersebut, saya kompres leher saya dengan air agak dingin yang berisi garam. Ini khususnya menjelang tidur. Kompresannya saya gak pernah lepas. Alhamdulillah lumayan, it works! Walaupun, pas paginya tetap batuk-batuk. Kenapa harus air agak dingin? karena kita mengalami panas dalam hebat dan kerongkongan kita panas.

Untuk mengobati flu dan batuk tersebut, saya mencoba ramuan perasan jeruk nipis  dicampur dengan madu atau kecap. Saya lebih menyukai madu dibanding kecap.

Cara Pembuatan :

Peras satu buah jeruk nipis atau lemon ke dalam gelas. Perasan jeruk nipis tersebut tanpa tambahan air. Jadi benar-benar pure jeruk nipis atau lemon. Kemduian, Sebaiknya tidak menambahkan air angat atau panas, karena dapat merusak vitamin atau sebagian komponen baik dalam jeruk.

Image result for perasan jeruk nipis

Perasan Jeruk Nipis (sehat.link)

Tambahkan madu sebanyak 2 atau 3 sendok makan. Untuk madu yang digunakan, sebaiknya madu yang asli ya. Namun jika sulit menemukan madu asli, anda bisa menggunakan madu apa saja yang masih ada kadar madu diatas 50%. Rasa jeruk nipis atau lemon agak asam, sehingga takaran yang digunakan 2 hingga 3 sendok. Manfaat perasan lemon atau jeruk nipis sangat penting. Oleh karena itu, saran saya baiknya madu ditambahkan cuma 2 sendok saja, sehingga rasa asam dari lemon atau jeruk masih terasa.

Image result for honey

food.ndtv.com

Aduk madu dan perasan jeruk nipis atau lemon hingga rata, habiskan campuran bahan herbal tersebut. Minumlah dua sendok makan, tiga kali sehari.

Image result for honey

rvcoutdoors.com

 

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, setelah meminum ramuan ini, gatal ditenggorokan hilang pada hari pertama. Flu berhenti dihari kedua dan batuk serta flu dihari ketiga serta selanjutnya. Jika batuk saya benar-benar berat, hingga membuat hilang napsu makan saya berkurang, biasanya 6 hingga 8 hari setelah mengonsumsi ramuan diatas, baru bisa sembuh.

Setelah sembuh, saya tetap melanjutkan minum ramuan ini hingga 2 minggu. Cara minum ramuan diatas setelah sembuh adalah 2×1, atau setiap pagi sebelum makan dan malam hari sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan napsu makan, mood, dan yang utama adalah untuk daya tahan tubuh dan detoksifikasi.

Untuk anak-anak dibawah usia 12 tahun, takaran saji yang saya sarankan adalah 3×1.

Untuk anak diatas 12 tahun baiknya mengikuti takaran orang dewasa.

Jeruk nipis atau lemon mempunyai banyak Manfaat dan kegunaan sebagai peningkat kekebalan tubuh dan untuk detoksifikasi racun dalam tubuh. Banyak artikel yang telah memaparkan khasiat akan buah ini. Sementara, madu telah adalah anti biotik alami dan sudah banyak penelitian mengenai hal ini. Sebuah studi 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Studi lain, pernah dipublikasikan di Pediatrics yang dilakukan pada 270 anak-anak berusia 1-5 yang mengalami batuk pada malam hari karena pilek. Dalam penelitian ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu. (manfaat.co.id)

Dua perpaduan yang sangat pas untuk menghilangkan batuk dan flu, atau flu yang disertai batuk. Dan saya selalu mengaplikasikan ini ketika terserang flu atau batuk. ALhmdulillah, sudah tiga tahun saya tidak menggunakan obat-obatan dokter atau obat-obatan kimia lainnya. Karena saya selalu mengonsumsi herbal, salah satunya adalah perasan jeruk nipis atau lemon yang dicampur dengan madu.

Selain dua bahan diatas, untuk menghangatkan tubuh dan tenggorokan, bisa ditambahkan dengan wedang jahe.

Image result for wedang jahe

resepmasakanindonesia.com

Cara pembuatannya :

  1. Iris satu buah jahe segar dan rebus atau diseduh dengan air hangat selam 10 menit.
  2. Diamkan atau dinginkan seduhan jahe, kira-kira “hangat kuku”
  3. Tambahkan campuran madu dan lemon atau jeruk nipis kedalam seduhan jahe dan aduk rata
  4. Nikmati sensasi jahe, jeruk dan Madu.

Selamat mencoba! Keep healt and Beauty 🙂

Leave a Reply

