Manfaat Lemongrass Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lemongrass adalah nama dagang untuk tanaman serai atau sereh dapur. Tanaman ini merupakan salah satu rempah masakan Indonesia yang kaya akan manfaat, seperti sebagai anti septik alami dan juga anti inflamantory.

IMG_20170210_092901.jpg

Tanaman Serai (Cymbopogon citarus)

Lemongrass termasuk dalam jenis rumput-rumputan dari keluarga Poaceae dan mempunyai nama latin Cymbopogon citarus. Di Indonesia, tanaman ini termasuk tanaman yang biasanya ditanam dipekarangan rumah sebagai salah satu sumber bumbu masak.

Dalam dunia Essential oil, lemongrass adalah salah satu primadona skincare dan bahan baku aromatherapy serta parfume. Minyak lemongrass diperoleh dari hasil penyulingan daun tanaman serai. Minyak yang didapatkan berwarna kuning bening, tidak kental, dan beraroma khas serai. Minyak ini mengandung senyawa citral, sehingga minyak ini sering disebut sebagai rumput lemon atau lemongrass.

Guys, Mengapa lemongrass sangat banyak digunakan dalam kosmetik?

dc0b4b3e23ca50d8660a16fe9722bbe8

Ternyata hal ini dikarenakan minyak ini banyak mengandung nutrisi atau zat therapeutic penting yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Nutrisi tersebut yaitu : Calcium, Copper, Folate, Besi, Magnesium, Mangan. Asam Pantothenic, Potassium, Protein, Vitamins B1, B2, B3, and B6, Vitamin C serta Zinc (naturallivingideas.com)

Berdasarkan catatan aromatherapys dan herbalis, kadar zat besi dalam minyak lemonggras sangat tinggi. Zat ini bermanfaat membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sementara, zat-zat lain seperti mangan, sangat bermanfaat sebagai mineral penting untuk tulang dan kulit kita serta membantu menstabilkan gula darah. Jadi, zat-zat penting dalam minyak lemongrass bagus untuk terapi diabetes. Adapun, Vitamin B yang terkandung dalam minyak ini sangat bagus untuk metabolism tubuh dan cel. Selain itu, vitamin B-9 sangat bermanfaat untuk kesehatan hati.

Berdasarkan catatan dalam draxe.comnaturallivingideas.com, organicfacts.com, minyak lemongras memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan, yaitu :

  1. Sebagai anti inflamasi dan anti oksidant alami
  2. Sebagai mengandung senyawa Anti Bakteri dan Anti Jamur
  3. Dapat membantu menurunkan demam (anti piretic)
  4. Sebagai Obat pereda nyeri atau penenang (Sedative)
  5. Dapat membantu mengeluarkan gas-gas beracun dalam usus (carminative)
  6. Sebagai anti septik alami untuk luka dalam dan luar
  7. Dapat meningkatkan urinasi, sehingga membantu membuang racun yang menumpuk dalam ginjal
  8. Sebagai bahan astringen

Dengan manfaat diatas, minyak lemongrass dapat diaplikasikan dalam suatu produk dengan kegunaaan sebagai berikut :

  • TOPICAL PAIN RELIEF (Muslce Relaxer)

Salah satu kegunaan minyak lemongrass yaitu sebagai anti inflamasi, sehingga minyak ini dapat digunakan sebagai obat luar, seperti : minyak pijat dan juga minyak gosok lainya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada punggung atau pada otot lainnya. Cara Penggunaan : Campur 2 tetes minyak lemongrass ke dalam 1 sendok makan minyak VCO atau Carrier oil lainnya. Oleskan ke area yang sakit atau luka.

  • MOOD ENHANCEMENT

Aroma minyak lemongrass yaitu segar lemon dan earthy. Aroma ini dapat digunakan sebagai bahan pengharum ruangan. Aroma minyak ini membuat kita merasa bersih, fresh, relaks. Selain itu, aroma minyak ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan meredahkan depresi.

  • SKIN CARE

Karena bersifat antibakteri dan jamur, minyak lemongrass banyak diaplikasikan dalam produk-produk skincare untuk mengatasi jerawat punggung, wajah dan penyakit gatal-gatal pada kulit lainnya. Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan sebagai facial mask untuk membuat wajah terlihat fresh. Cara penggunaan :  Campurkan 3 sendok makan bentonit clay, satu sendok makan almond oil, dan 3 tetes minyak lemongrass dalam satu wadah. Tambahkan air agar semuanya bercampur hinga seperti pasta. Kemudian gunakan ke wajah hingga kering. Bilas dengan air hingga bersih. 

  • WOUND TREATMENT

Apabila kita mengalami luka, minyak lemongrass dapat berfungsi sebagai anti septik. Caranya adalah : Campurkan beberapa tetes minyak lemongrass ke dalam cariir oil dan balur pada luka.

  • HELP INSOMNIA

Kemampuan minyak lemongrass salah satunya adalah dapat mengatasi insomnia. Selain dapat meningkatkan kualitas tidur.

  • HEADACHE RELIEF

Sakit kepala dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu : karena horomon, alergy, dan tekanan. MInyak lemongrass ternyata dapat membantu menghilangkan sakit kepala. Caranya gosokkan lemongrass ke pelipis.

  • JOINT PAINT

Minyak lemongrass dapat mengurangi rasa sakit pada sendi dan dapat juga berfungsi sebagai anti arthritis. Caranya : Campurkan minyak lemongrass dengan minyak lainnya seperti geranium dan birch serta minyak karir dan usapkan ke bagian yang sakit.

  • TREATING SHOCK

Jika kita merasa shock dengan sesuatu, cara meredahkanya yaitu dengan masukkan cotton ball yang sudah ditetesi dengan minyak lemongrass sebanyak 2 tetes, kedalam lubang hidung.

  • HEARTBURN (PANAS DALAM)

Campurkan beberapa tetes minyak lemongrass kedalam minyak karir dan usapkan ke dada dan kerongkongan untuk meredakan.

  • FEVER REDUCER

Minyak Lemongrass dapat mengatasi sakit yang disebabkan oleh tertumouknya racun dalam tubuh maupun Karena alergi dan infeksi.

  • INDIGESTION

Campurkan beberapa tetes minyak lemongrass ke dalam almond oil dan usapkan ke perut untuk meredahkan sakit.

  • INSECT REPELLANT

Minyak Lemongrass dapat digunakan untuk mengatasi kutu dan nyamuk

  • CHOLESTEROL & HIGH BLOOD PRESSURE

Minyak lemongrass ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, minyak ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  • FATIGUE

Jika kita mengalami kelelahan, kita dapat mengatasinya dengan cara mengosok minyak lemongrass yang telah dicampur dengan vco ke pelipis.

  • DETOXIFICATION

Minyak lemongrass dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh melalui urin, sehingga ginjal kita menjadi lebih bersih.

PERHATIAN!

  • Bagi orang sensitif kadang minyak lemongrass membuat iritasi, seperti batuk atau asma
  • Jika berkulit sensitif, minyak lemongrass kadang membuat kulit memerah. Oleh karena itu baiknya gunakan hanya sedikit saja.
  • Tidak cocok untuk ibu hamil.

Complimentary Oils

Lemongrass oil dapat dicampur dengan minyak eucalyprus, malaleuca cajuput (minyak kayu putih), geranium, levender, dan rosemary essential oil.  

Kami menyediakan Lemongrass oil 100% pure essential oil. Untuk pemesanan, silahkan hubungi nomor Whatsapp : +6281380359541 (fast response)

Cek promo di instagram : @mikala_aromatica

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s