Minyak Cengkeh dan Manfaatnya

Cengkeh (Eugenia Caryopyllata) sudah sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia. Rempah satu ini adalah salah satu pencetus datangnya bangsa kolonial ke Indonesia. Berdadarkan catatan sejarah, cengkeh pertama kali ditemukan di dataran pulau Halmahera, Maluku Utara. Kemudian oleh penjajah, benih cengkeh disebarkan hingga ke Madagaskar. Saat ini, Indonesia menjadi penghasil cengkeh terbesar di dunia, setelah Madagaskar.

IMG_20170308_120849

Bunga Cengkeh

Dalam pasar internasional, cengkeh dikenal dalam berbagai bentuk produk, seperti : cengkeh kering (clove bud dry ), cengkeh bubuk (clove bud powder), minyak daun cengkeh (clove leaf oil), minyak bunga cengkeh (clove bud oil), dan berbagai produk turunan, seperti : eugenol, isoeugenol, methyl isoeugenol.

Guys, berdasarkan catatan sejarah, cengkeh ternyata sudah diperdagangkan sejak jaman romawi kuno. Hebatnya, rempah ini dianggap sebagai rempah ajaib. Walaupun cengkeh bukan termasuk makanan, rempah ini telah dinobatkan sebagai makanan dengan kadar anti oksidant tertinggi dengan nilai ORAC SEKITAR 290.238 UNIT.

Secara tradisional, cengkeh banyak digunakan sebagai bahan anti bakteri, rempah, dan obat sakit gigi di wilayah Maluku. Bahkan beberapa masakan khas Maluku Utara sering menambahkan cengkeh sebagai pengawet alami, khususnya untuk seafood. Dalam pengobatan luar, cengkeh dikenal sebagai penyembuh masalah pencernaan dan gastrointestinal problem. Selain itu, cengkeh juga mempunyak kemampuan anesthetic, sehingga oleh masyarakat luar negeri, cengkeh digunakan sebagai herbal untuk pengobatan berbagai sakit dan pegal-pegal.

Kemampuan cengkeh sebagai anti bakteri dan pengawet alami tersebut ternyata disebabkan oleh adanya essential oil cengkeh yang mengandung senyawa eugenol sekitar 60-70%. Essential oil ini didapatkan dengan cara penyulingan daun atau bunga cengkeh kering.

Guys, jangan salah pilih ya, minyak essential cengkeh ada 3 macam, yaitu : minyak daun cengkeh (clove leaf oil), minyak ranting cengkeh, dan minyak bunga cengkeh (clove bud oil)

Seperti disebutkan diatas, Essential oil cengkeh sangat bermanfaat. Beberapa manfaatnya dirangkum dari berbagai sumber, sebagai berikut :

  1. Obat Sakit Gigi

Secara tradisional, minyak cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi. Seiring dengan perkembangan penelitian, minyak ini sudah merambah menjadi salah satu dental care dan banyak digunakan dalam kedokteran gigi. Senyawa ampuh eugenol dalam minyak cengkeh lah yang berfungsi aktif dalam melawan bakteri perusak gigi.

Cara Penggunaan :

Campurkan sesendok minyak bunga cengkeh dengan sesendok minyak kelapa murni (VCO). Gunakan cotton balls untuk mengelap gigi yang sakit dengan campuran minyak ini.

2. Menenangkan peradangan pada mulut dan Tenggorokan (anti Inflamasi)

Berkumur dengan minyak cengkeh yang diteteskan kedalam air hangat dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi kita. Selain dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, minyak cengkeh juga sangat efektif dalam mengatasi masalah tenggorokan dari refluks asam, infeksi bakteri, dan virus, seperti : radang tenggorokan dan radang amandel.

Cara Penggunaan :

Larutkan 1 sendok teh garam dalam secangkir air hangat dan tambahkan 10 tetes minyak cengkeh kedalamnya. Berkumurlah dengan larutan ini, dua hingga tiga kali sehari.

3. Memperbaiki Pencernaan dan Meredahkan Kembung

Minyak cengkeh membantu proses pencernaan dengan mempromosikan sekresi enzim pencernaan, sehingga minyak cengkeh dipercaya dapat meningkatkan motilitas pencernaan dan membantu pergerakan makanan bawah saluran pencernaan. Selain itu, minyak cengkeh bermanfaat sebagai carminatif yang dapat meredahkan perut kembung.

Cara Penggunaan :

Untuk Masalah Pencernaan : Didihkan 2 cangkir air dengan satu sendok teh biji jintan selama 5 menit. Biarkan hingga dingin. Saring ke dalam gelas dan tambahkan 5 tetes minyak cengkeh. Kita dapat menambahkan ekstrak stevia atau madu untuk membuat minuman ini lebih enak dimulut, terutama bagi anak-anak. Minumlah 100 ml sebelum atau sesudah makan.

Untuk Mengatasi Kembung : Tambahkan 2-3 tetes minyak cengkeh kedalam secangkir air hangat dan minumlah.

4. Mencegah dan Meringankan Kelelahan

Minyak cengkeh termasuk minyak penambah energi. Minyak ini dipercaya dapat mengurangi agregasi platelet. Selain itu, minyak juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan dapat sebagai tonik jantung serta stimulator otak. Sehingga minyak ini dapat membantu mengatasi kelelahan fisik dan mental.

Penggunaan minyak cengkeh untuk kelelahan yaitu berbentuk aromaterapi. Caranya : Gunakan minyak cengkeh dalam diffuser, atau dua tetes minyak cengkeh diencerkan dengan satu sendok teh carrier oil dan massage pada titik-titik refleks. Tambahkan beberapa tetes ke dalam air mandi untuk menghilangkan rasa lelah otot setelah melakukan banyak aktifitas

5. Meningkatkan Performa Sex 

Penggunaan secara topical minyak cengkeh dikatakan dapat menibgkatkan kemampuan sex dan mencegah ejakulasi dini. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat meningkat sirkulasi darah diaerah genital.

Cara penggunaan :

Encerkan beberapa tetes clove bud oil (CBO) kedalam carrier oil atau lubrikan gel.

6. Meredakan Sakit Kepala

Sifat analgesik dari eugenol dapat meredahkan sakit kepala dan lainnya secara cepat. Selain itu, karena minyak ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, reaksi terhadap sakit kepala juga cukup signifikan dan cepat, sehingga minyak cengkeh pun dapat mengobati sakit kepala yang diakibatkan oleh penyakit lainnya,  seperti : stres dan sinuitis

Cara Penggunaan :

Campurkan beberapa tetes minyak clove bud kedalam olive oil atau coconut oil Mix a few drops of clove oil in coconut oil dan lakukan pemijatan lembut. Atau gunakan sebagai minyak difuser.

7. Mengatasi dan Meredakan Masalah Pernapasan

Minyak cengkeh telah lama digunakan sebagai bahan obat salep atau balm untuk meredahkan sinus atau sesak akibat bronchitis dan alergi terhadap dingin.

Cara Penggunaan :

Menggunakan inhalasi atau difuser dengan 2-3 tetes minyak clove bud oil dan eucaliptus oil atau minyak kayu putih asli.

8. Pereda Sakit Setelah Olah Raga dan Rematik

Rematik adalah penyakit yang lazim ditemukan pada masyarakat indonesia khususnya untuk kaum manula. Ternyata minyak cengkeh dapat digunakan sebagai anti rematik. Efektif anti rematik ini bisa didapatkan dengan mencampurkan minyak cengkeh dengan pepermint oil dan arnica. Atau juga fapat menambahkan minyak citronella

9. Meredakan sakit telinga

Minyak cengkeh telah dibuktikan juga sebagai pereda sakit pada telinga. Karena minyak ini bersifat sebagai analgesik dan anasthetic

Cara penggunaan :

Campurkan 2 tetes clove bud oil kedalam 1 sendok makan sesame oil. Teteskan 1-2 drops untuk dicampur dengan sesame oil.

10. Excellent pesticide and herbicide

Minyak cengkeh pada umumnya dapat digunakan juga sebagai pestisida dan herbisida. Kita bisa menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara Penggunaan :

Campurkan masing-masing 2 sendok makan clove oil dan neen oil kedalam air sebanyak 8 liter. Campurkan dengan emulsifier hingga menyatu dan kocok. Semprotkan ruangan atau pekarangan rumah anda dengan campuran diatas. Campuran ini dapat digunakan untuk mencegah hama tanaman.

Caution:

Clove oil dapat meningkatkan kadar diabetes. Orang yang mempunyai riwayat masalah coagulans dalam darah darah sulit membeku, sebaiknya hindari pemakaian minyak ini. Penggunaan minyak cengkeh harus berdasarkan ketentuan.

Orang hamil tidak direkomendasikan menggunakan minyak ini.

Tersedia clove bud oil dala kemasan 15 ml. Untuk pemesanan, silahkan hubungi : 081380359541

Sumber : http://www.naturallivingidea.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s