Minyak Kayu Manis dan Manfaatnya

Kayu Manis merupakan salah satu rempah asli Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat dunia. Hampir dalam setiap produk bakery, menggunakan rempah satu ini. Kayu manis juga menjadi salah satu aroma favorit saat musim gugur dan taste favorite dalam beberapa kue khas masyarakat benua Eropa dan Amerika.

Kayu-Manis-Jawa-Huru-Mentek-Kiamis-Onte-1.jpg

Kayu manis (sumber : kayu-manis.com)

Di Indonesia tanaman kayu manis tumbuh hampir disetiap daerah, namun daerah penghasil kayu manis terbesar adalah Sumatera Barat dan Utara. Jenis kayu manis yang dihasilkan adalah cassiavera atau Cinnamomum Burmanii. Kayu manis ini adalah kayu manis khas Indonesia.

Dalam dunia aromatherapy, kayu manis dikenal dalam dua bentuk yaitu minyak kayu manis (Cinnamon Bark Oil) dan Minyak daun Kayu Manis (Cinnamon Leaf Oil).  Indonesia saat ini hanya memproduksi minyak kayu manis (cinnamon bark) saja.

Minyak kayu manis yang diproduksi di Indonesia, menggunakan steam distillation dan water steam distillation. Namun ada beberapa perusahaan yang memproduksi minyak ini menggunakan Super critical CO2.

Berdasarkan beberapa referensi, minyak kayu manis dikatakan mempunyai kandungan antioksidant yang tinggi, yang sangat efektif untuk mengatasi masalah pencernaan atau perut, mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah dan sirkulasi darah, serta sebagai salah satu minyak penurun berat badan.

11ab14d9704cd84ffe0fc505991af517_kayu-manis1-1024x576.jpg

Cinnamon bark (laptopsiunyil.blogdetik.com)

Untuk lebih detail, berikut beberapa manfaat minyak kayu manis yang dikutip dari doktersehat.com

1. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung anti oksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

2. Anti Infeksi
Kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

3. Meningkatkan fungsi otak
Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer.

4. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

5. Menurunkan kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

7. Menghangatkan
Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

8. Mencegah penggumpalan darah
Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

9. Meringankan sakit pada penderita rematik
Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

10. Obat serbaguna
Kayu manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, selain itu juga mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Kayu manis memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

Dalam dunia Aroma (essential oil), Aroma kayu manis dapat didefinisikan sebagai : Peppery, Earthy, Spicy, Bright, Slightly, woodsy.

Berdasarkan beberapa kajian, Karakteristik terapi (theraputic Properties) dari minyak ini adalah : Anti bacterial, Anti coagulant, anti-infection, anti inflamatory, anti microbial, anti oxidant, anti parasitic, antiseptic, antiviral, astringent, warming

Beberapa kegunaan minyak kayu manis dalam kajian aromatherapy yaitu :

  1. Body & Mind

Minyak Kayu manis dapat menurunkan berat badan, menstimulasi libido, menstimulasi sistem kekebalan tubuh, meredahkan depresi, mengurangi kolesterol dalam darah, anti bakteri dan virus serta radikal bebas, mengobati tenggorokan dan mencegah sakit kepala.

2. Hair & Beauty

Minyak kayu manis Mengatasi inflamasi dan luka, mencegah dan menghilangkan jerawat, dan infeksi kulit lainnya.

  3. Home

Minyak kayu manis dapat membunuh bakteri dan germs, serta dapat digunakan sebagai pembasmi serangga.

Minyak ini dapat dicampur atau blend dengan : frakincense, lemon, tea tree, mandarin, orange, rosemary, ylang-ylang atau cananga.

Dapatkan minyak kayu manis 100% pure essential oil disini  atau kontak ADMIN (081380359541)

cek instagram kami : @mikala_aromatica

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s