Manfaat Minyak Adas or Fennel Oil

Screenshot_2017-05-22-19-28-27-1.png

Adas adalah salah satu rempah asli indonesia. Rempah ini sudah digunakan secara trandisional oleh masyarakat Pulau Jawa sebagai bumbu dan obat bagi ibu dan anak.

Beberapa customer Mikala Aromatica selalu menggunakan minyak adas untuk memperlancar ASI. Baik biji adas maupun essential oil adas, Secara exprerience sudah terkenal mempunyai berbagai khasiat, seperti : untuk mengobati penyakit kholic pada baby, sakit perut, dan sebagai pelancar ASI.

Seorang Custumer mikala atomatica telah membuktikan ini saat selesai melahirkan. Kebetulan beliau seorang Dokter. Setelah selesai melahirkan beliau menggunakan minyak ini untuk memijat payu darah setelah mandi. Minyak fennel dicampurkan kedalam carrir oil dan hasilnya, stok ASI melimpah beliau melimpah.

IMG_20170413_060640

Stok ASI Customer kami.

Disadur dari http://www.organicfact.com, ternyata essential oil adas mempunyai beberapa manfaat yaitu :

1. Sebagai anti septic alami

Rata-rata essential oil mempunyai manfaat sebagai anti septic alami, termasuk minyak adas (fennel oil).

Minyak adas dapat digunakan sebagai anti tetanus saat terjadi luka. Minyak ini tidak perih dikulit walaupun digunakan tanpa carir oil. Namun, baiknya menggunakan carir oil saat diaplikasikan ke kulit kita secara langsung.

2. Sebagai Antispasmodiac

Angin-aginan (masuk angin) atau kejang atau dikenal dengan sebutan spasm, merupakan salah satu kontraksi abnormal yang sering terjadi terutama pada sistem pernapasan, usus, otot, syaraf yang dapat menyebabkan batuk menahun, tersedak, kram, dan lainnya.

Minyak adas atau Fennel essential oil dapat merelaksasikan otot, usus, syaraf, dan sistem pernafasan. Minyak ini bekerja cepat untuk meredahkan gangguan tersebut.

3. Sebagai Pencahar Alami (aperitif)

Minyak adas ternyata sebagai pencahar alami. Jujur, saya juga baru tahu hehe.. Akan tetapi sifat pencahar ini tidak terlalu keras.  Jadi minyak adas dapat membersihkan usus dan sebagai anti konstipasi. Wow

4. Sebagai penghilang Gas Berlebihan Pada Usus

Gas berlebihan pada perut terutama pada usus dapat menyebabkan gangguan hormon dan penyakit lainnya. Apalagi jika sudah cronic. Nah guys, minyak adas ternyata dapat menghilangkan gas berlebihan tersebut dan masalah pencernaan seperti : begah dan lainnya hingga sesak dan sakit pada dada. Jika berlebihan, gas ini dapat menyebabkan jantung berdegup kencang atau serangan jantung. Sifat therapeutic ini dikenal sebagai CARMINATIVE

5. Mencegah dan mematikan parasit dalam perut seperti cacing.

Adas mempunyai sifat therapeutic lain yaitu vermigue. Minyak adas ternyata dapat membunuh dan menghancurkan cacing dan spora atau telurnya didalam usus atau anus. Jadi minyak ini sangat baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Sehingga, dengan mengonsumi minyak adas, dapat mencegah malnutrisi pada anak.

6. Sebagai pelancar keluarnya Urin dan kuantitas urin.

Sifat therapeutic ini disebut sebagai dieutic. Ternyata minyak adas dapat meningkatkan frekuensi pipis dan kuantitas urin yang dikeluarkan. Selain itu, minyak adas dapat membantu mengeluarkan zat-zat yang berlebihan lada tubuh seperti : kelebihan air, sodium, uric acid, dan racun-racun dari dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, minyak adas dapat membersihkan ginjal dan menurunkan lemak jahat pada tubuh.

Perhatian : jika kita punya kadar air dalam tubuh sedikit, sebaiknya jangan terlebih dahulu menggunakan minyak ini karena jika frekuensi pengeluaran utin meningkat, kita bisa dehidrasi.

7. Mengatasi masalah menstruasi

Perempuan biasanya mengalami maslaah satu ini setiap bulannya. Baik sakit, stress dan lainnya. Minyak adas mempunyai sifat therapeutic yang disebut sebagai Emmenagogue, yaitu selain dapat menghilangkan ketidaklancaran haid dan membuat lancar haid setiap bulannya, juga dapat meredahkan gejala atau syndrom pms atau datang bulan seperti sakit kepala atau pusing, sakit atau cram diperut, emosi berlebihan.

Sst… satu lagi. Minyak adas ternyata dapat mencegah prematur menopause.  

Yuk gunakan minyak adas sist😊. Coba yuk.

 8. Memperlancar Suplai ASI.

Sifat therapeutic ini dikenal sebagai Galactogogue. Minyak adas dapat meningkatkan jumlah ASI dan dapat meningkatkan hormon estrogen. Jika momy mengonsumsi minyam adas atau extra adas, baby-nya dapat terhindar dari penyakit perut, cholic dan cacingan. 

9. Sebagai pelancar BAB

Sifat therapeutic lainnya yaitu laxatif atau pencahar atau pelancar constipasi baik cronic ataupun acute dan tidak menimbulkan efek samping.

10. Sebagai Tonic untuk tubuh.

Minyak adas dapat meningkat sistem imun dan dapat berfungsi sebagai ton8k bagi sistem pencernaan, pernapasan dan lainnya.

11. Sebagai anti oksidant untuj darah.

Seifat therapeutic lain dari adas adalah dapat mendetoks dan memurnikan darah dari berbagai pengotor seperti uric acid, urea dan lainnya. sifat ini disebut sebagai depurative.

12. Sebagai expectoran.

Minyak adas dapat membantu mengeluarkan dahak dan dapat mengatasi batuk kronic, bronkhitis dan lainnya.

13. Mencegah dan menghilangakn kerutan pada kulit dan selulit.

Perhatian : minyak adas mengandung senyawa trans anethole yang dapat mengeluarkan hormon esteogen. Jadi baiknya minyak ini tidak digunakan oleh ibu hamil, penderita kanker payu dara atau tumor, dan utireine cancer.

Pengunaan minyak adas harus sesuai dosis dan berdasarkan petunjuk.

^Aroma minyak adas : Licorice, sweet, honey.

^Rasa minyak adas : manis dilidah dan tidak getir

^ senyawa utama minyak adas : E-anethole, fenchol, α-pinene

Minyak ini dapat dicampur dengan essential oil lainnya seperti: Sandalwood, Lavender, Geranium and Rose oils.

Mikala jual minyak adas ya : RP. 110.000 per 15 ml. Sudah tersedia di Shopee.com. Jadi free ongkir ya say. 😊

IMG_20170506_100122

Sumber :

http://www.organicfacts.net, www.doterra.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s