Mengobati luka dengan minyak Kunyit

Kali ini saya ingin share mengenai pengalaman menggunakan minyak kunyit untuk mengobati pendarahan pada luka yang diakibatkan oleh sayatan benda tajam atau goresan. Bukan luka hati ya ups🙊

Screenshot_2017-06-04-09-10-13.png

Saat memasak didapur, gak sengaja tangat saya teriris pisau. Perih dan berdarah. Hmm kebetulan saya gak pernah siapkan obat peredah seperti be****ne dan lainnya. Jadi agak panik, ketika darah menguncur deras dari jari saya.

Akhirnya saya teringat dengan minyak kunyit (EO turmeric) yang kami punya. Langsung deh saya gunakan minyak ajaib ini.

Pertama yang saya lakukan adalah mencuci luka saya dengan air dan mengoleskannya dengan minyak kunyit yang sudah didilute atau diencerkan terlebih dahulu. Kebetulan saya langsung gunakan pipet tetes. Barangkali juga bisa gunakan kapas atau kain kasa.

Minyak kunyit diencerkan dengan minyak kelapa murni atau vco. Mungkin bisa juga menggunakan minyak lain sebagai pengencer. Perbandingan minyak kunyit dan VCO yang saya campurkan adalah minyak kunyit 20 tetes dalam 5 ml vco.

Ketika dioles ke kulit yang sedang berdarah, rasanya agak sedikit perih. Tapi gak perih bangat.  Dan ini pun bisa untuk anak-anak. Saran saya sebaiknya jika untuk anak-anak atau balita, minyak kunyit yang dicampur ke dalam minyak carir seperti vco atau zaitun tidak terlalu banyak. Takarannya bisa dikurangi, misalnya 10 tetes dalam 10 ml minyak karir atau kurang dari itu.

Reaksi minyak kunyit terhadap luka sangat cepat. Setelah diolesi dua kali. Darah langsung berhenti.

Selang 3 jam saya olesi kembali luka sayatan tersebut dengan minyak kunyit. Alhamdulillah, luka mengering dalam 1 hari. Luar biasa!

Dari beberapa literatur yang saya baca,  sebenarnya Minyak kunyit sudah lama dikenal sebagai antibiotik dan disinfectan alami. Selain itu minyak ini juga digunakan untuk pengobatan diabetes.

Jika dilihat dari kandungan senyawa kimia alami minyak ini, ada beberapa senyawa yang sudah terbukti sebagai antibiotik alami atau anti bakteri alami. Ini sih menurut beberapa pakar aromatherapy. Nah, senyawa-senyawa tersebut antar lain :  ar-turmerone (27%), zingiberen (11.6%- 16.8%), 1.8 cineole (3%) dan lainnya.

Konon, dalam pengobatan aryuveda india, minyak kunyit juga digunakan untuk pengobatan luka, infeksi dan lainnya.

so, sahabat, banyak bahan-bahan alami disekitar kita yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apalagi bahan alami tersebut mudah didapatkan disekitar kita.

Sebenarnya jika tidak menggunakan minyak kunyit, kita juga bisa gunakan kunyit mentah untuk mengobati luka. Caranya adalah kunyit dihaluskan dan langsung dibalur ke luka. Kemudian, jangan lupa ditutup dengan kain kasa.

Atau agar lebih efektif, sebelum kunyit dihaluskan, kunyit dibakar terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengeluarkan senyawa aromatica atau essential oilnya. Karena pada dasarnya essential oil lebih efektif dibanding herbal itu sendiri.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Khusus buat bunda, jangan panik jika anak tersayat benda tajam. 😊

Leave a Reply

