Berapa Lama Daya Simpan Essential Oil?

Banyak pertanyaan yang saya terima dari beberapa pelanggang kami mengenai apakah essential oil bisa expired atau rusak?

Kali ini Saya ingin sharing mengenai daya simpan esential oil yang saya ketahui dari beberapa literatur. Check this out!

weight-loss-essential-oils

Walaupun Essential Oil adalah bahan alami dan mempunyai daya tahan kuat terhadap bakteri dan jamur, serta bersifat aging seperti wine,  kita tetap harus memperhatikan daya simpannya (maximum shelf-life) atau daya tahannya saat setelah dibuka. Hal ini karena essential oil mengandung berbagai komponen kimia yang mudah menguap dan ada sebagian yang “sensitif” atau rentan terhadap paparan cahaya atau panas.

Ketika kita mengetahui bagaimana daya simpan essential oil, kita dapat menjaga kualitas dari minyak ini.

Menurut beberapa literatur, semakin dingin temperatur, semakin lama daya tahan essential oil selama penyimpanan.

Jennie Harding dalam “The Essential Oils Handbook” Mengatakan bahwa essential oil mempunyai masa simpan atau waktu expired setelah minyak ini dibuka dari botolnya. Dan daya simpam tersebut diukur dalam suhu dingin. Berikut penjelasannya :

  • Dalam refrigator.

Minyak-minyak citrus, seperti : orange, lemon, lime, mandarin, tangerine, dan bergamot, sekali membuka tutup dari botol minyak-minyak ini, langsung disimpan dalam refrigator. Daya simpan minyak ini selama 1 tahun dalam refrigator. Seperti minyak citrus, minyak tea tree juga mempunyai daya simpan selama 1 tahun dalam refrigator setelah dibuka dari tutup botol.

Mengapa demikian?

Beberapa pakar aromatherapy dan essential oil mengungkapkan bahwa dalam minyak citrus terkandung senyawa linalol dan vit. C, yang bersifat phototoxic. Jika terkena paparan cahaya berlebihan dan suhu panas, senyawa dan zat tersebut akan rusak. Hal ini akan menurunkan kualitas dan minyak itu sendiri.  Tips lain dari saya adalah simpan diruang gelap dengan botol gelap. Untuk essential oil lain daya simpan setelah dibuka adalah dua tahun dalam refrigator.

  • Pada temperatur dingin (10 derajat celcius)

Minyak citrus dan tea tree mempunyai daya simpan dalam suhu ini,  setelah dibuka dari botol, yaitu selama 6 bulan. Sedangkan minyak lainnya, mempunyai daya simpan selama 1 tahun.

Apa yang terjadi bila minyak citrus atau tea tree atau essential oil lain mengalami kerusakan?

Menurut Jennie Harding beberapa tanda yang menunjukan bahwa essential oil kita telah expired atau rusak dikarenakan terkena cahaya atau faktor lainnya,  yaitu : cloudy atau sticky dalam botol, kehilangan intensitas aroma atau fragrans nya,  dan kadang-kadang berbau asam.

So guys, kualiatas dan daya simpan essential oil harus diperhatikannya. Walaupun tidak berdampak buruk buat kesehatan kita, namun kualitas therapeutic atau manfaat aromatherapy nya akan berkurang bila telah terjadi kerusakan.

Semoga informasi ini bermanfaat😊

👉pls comment dibawah untuk diskusi lebih lanjut.

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s