Tips Menyimpan Essential Oil dengan Benar

Essential oil adalah bahan alami yang mudah menguap jika dibiarkan dalam keadaan terbuka. Selain itu, minyak ini juga mudah teroksidasi. Oleh karena itu kita sebaiknya harus memperhatikan cara penyimpanan minyak ini.

Berikut cara saya sharing cara menyimpan essential oil dengan baik dan benar :

1. Simpanlah minyak essential oil dalam botol gelap dan letakkan di tempat yang tidak terkena cahaya, terutama cahaya matahari. Hal ini dikarenakan cahaya matahari dapat mendegradasi atau merusak komponen kimia dalam minyak ini.

images (2)

Mini storage (source by google)

2. Sebaiknya simpanlah essential oil pada tempat bersuhu rendah (sekitar 10-20 derajat selsius). Hal ini bertujuan untuk lebih menghindari penguapan minyak secara berlebihan. Untuk penyimpanan didalam refrigator, sebaiknya gunakan box, sehingga minyak tersebut tidak mengontaminasi makanan atau bahan makanan yang ada dalam refrigator.

3. Belilah essential oil dalam kemasan screw-cap botle, sehingga setelah kita buka, botol tersebut dapat ditutup kembali dengan kencang sehingga minyak essential ini lebih aman. Karena bila bereaksi dengan oksigen atau terkena air, Oksigen dalam air tersebut dapat merusak essential oil. Reaksi ini disebut sebagai reaksi oksidasi.

Untuk essential oil dalam jumlah banyak, sekali membuka tutup botol, tanggalnya pembukaannya perlu dicatat. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan berapa lama essential oil tersebut.

Ada beberapa pakar yang menyatakan bahwa essential oil bersifat aging seperti wine, semakin lama semakin disimpan maka aromanya semakin bagus. Hal ini berlaku untuk minyak-minyak  “berat”  dan kental, seperti : minyak nilam (patchouli oil), minyak cendana (sandalwood), minyak gaharu (agarwood), minyak akar wangi (vetiver oil). Bahkan beberapa buyer, khususnya industri parfume lebih menyukai minyak-minyak diatas yang sudah di-aging.

img_20170203_081025

Minyak gaharu

Pengalaman yang saya alami adalah buyer, terutama dari buyer Timur Tengah, lebih menyukai minyak gaharu yang sudah lama disuling atau disimpan. Harganya pun akan semakin mahal jika minyak tersebut disimpan dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan minyak gaharu yang di-aging akan mempunyai aroma yang sweet, berat dan menyenangkan. Selain itu, warnanya semakin gelap dan tekstur minyaknya semakin kental.  Bila essential oil gaharu atau oud semakin kental dan old, daya ikat terhadap aroma lain dan daya tahan aromanya semakin lama. Inilah fungsi aging yang sebenarnya.

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s