Essential Oil Yang Sama seperti Wine

Mungkin banyak diantara kita yang telah kenal dengan Wine. Yup, minuman beralkohol satu ini memang unik, karena semakin bertambah usia atau aging, harganya semakin mahal. Tak heran jika banyak orang-orang kaya mengoleksi minuman ini dan disimpan dalam waktu lama untuk mendapatkan nilai dan harga yang tinggi. Ada beberapa masyarakat menengah ke atas di Benua Eropa dan Amerika yang menjadikan “brankas tua” berupa koleksi minuman anggur atau wine ini dalam berbagai usia simpan.

images.jpg

Red Wine (sumber : google)

Beberapa pakar wine menyatakan bahwa semakin lama usia simpan wine, aroma dan rasanya semakin enak dan bernilai ekonomi tinggi. Dalam seni meminum wine, semakin tua suatu wine, semakin berkelas.

Sama seperti wine, ternyata ada beberapa essential oil yang mempunyai karakter yang sama dengan wine diatas. “Semakin tua, semakin mahal dan aromanya semakin enak”. Walaupun rata-rata minyak essential selalu enak dan beraroma lebih kalem ketika disimpan dalam waktu lama, beberapa essential oil berikut selalu diminta dan diminati dalam bentuk aging, yaitu : gaharu (agarwood), akar wangi (vetiver), cendana (sandalwood), nilam (patchouli), dan kenanga (cananga).

Mungkin karena minyak-minyak diatas banyak digunakan dalam parfum, sehingga dikehendaki aroma “tuanya”.

Terutama untuk minyak gaharu (agarwood). Minyak ini adalah minyak mahal dan unik, serta lebih mirip wine. Semakin di aging, aromanya menjadi semakin “enak” dan sangat berpengaruh kepada fungsinya yaitu sebagai fiksatif dalam campuran parfume.

Pengalaman saya menjual minyak gaharu diatas kepada pelanggang kami yang berasal dari Timur tengah, adalah mereka selalu menginginkan minyak gaharu yang sudah aging. katanya sih lebih enak aromanya dan dayatahan aromanya semakin lama.

keunikan gaharu ini pun sangat terlihat ketika diuji coba. Pernah saya dan beberapa rekan melakukan uji coba untuk perubahan aroma, sama seperti yang selalu dilakukan oleh pelanggang ketika hendak membeli minyak ini. Minyak gaharu di oles pada beberapa bagian lengan tangan. Uji aromanya selama beberapa menit. Ternyata, minyak yang pertama kali dioleskan ke kulit mengalami perubahan aroma dan dintensitas, dibanding dengan yang baru dioleskan kekulit. luar biasa dan unik hehe..

Banyak orang timur tengah yang mempunyai kebiasaan gak mandi. Jadi, gaharu digunakan sebagai pengganti mandi dan sebagai pewangi alami yang dapat bertahan selama 2 hari. Sehingga, Kebiasaan orang arab ketika memakai minyak gaharu adalah langsung dioleskan ke kulit sebagai pengharum tubuh dan “sabun”.

Untuk minyak lainnya, terutama cendana, agingnya pun diperhitungkan. Begitu juga dengan nilam (patchouli). Walaupun sebenarnya yang dilihat dan dibeli dari kedua minyak ini adalah kadar alfa santalol dan patchoulinya.

IMG_20170616_135951.jpg

Sandalwood oil (santalum album)

Khusus nilam, warna minyak ini cukup berpengaruh di pasar. Sehingga kadang penyuling mengatakan, semakin lama daun nilam kering disimpan, minyak hasil sulinganya akan semakin hitam dan pekat.

Tidak seperti minyak-minyak diatas, minyak-minyak berikut ternyata jika disimpan dala waktu lama aromanya malah semakin tidak enak. Minyak-minyak ini seperti minyak citronella (minyak serai wangi) dan minyak jeruk purut. Karena kedua minyak ini disuling dalam keadaan segar bahan baku dan aroma yang dikehendaki adalah fresh. Jadi, memang tidak cocok untuk di aging.

Demikian guys.. semoga info ini bermanfaat.

Eh, mau pesan minyak cendana? Kontak langusung ya ekeh atau bisa juga kunjungi toko online kami di instagram @mikala_aromatica. Ditunggu ya gan 😊

Tips Menyimpan Essential Oil dengan Benar

Essential oil adalah bahan alami yang mudah menguap jika dibiarkan dalam keadaan terbuka. Selain itu, minyak ini juga mudah teroksidasi. Oleh karena itu kita sebaiknya harus memperhatikan cara penyimpanan minyak ini.

Berikut cara saya sharing cara menyimpan essential oil dengan baik dan benar :

1. Simpanlah minyak essential oil dalam botol gelap dan letakkan di tempat yang tidak terkena cahaya, terutama cahaya matahari. Hal ini dikarenakan cahaya matahari dapat mendegradasi atau merusak komponen kimia dalam minyak ini.

images (2)

Mini storage (source by google)

2. Sebaiknya simpanlah essential oil pada tempat bersuhu rendah (sekitar 10-20 derajat selsius). Hal ini bertujuan untuk lebih menghindari penguapan minyak secara berlebihan. Untuk penyimpanan didalam refrigator, sebaiknya gunakan box, sehingga minyak tersebut tidak mengontaminasi makanan atau bahan makanan yang ada dalam refrigator.

3. Belilah essential oil dalam kemasan screw-cap botle, sehingga setelah kita buka, botol tersebut dapat ditutup kembali dengan kencang sehingga minyak essential ini lebih aman. Karena bila bereaksi dengan oksigen atau terkena air, Oksigen dalam air tersebut dapat merusak essential oil. Reaksi ini disebut sebagai reaksi oksidasi.

Untuk essential oil dalam jumlah banyak, sekali membuka tutup botol, tanggalnya pembukaannya perlu dicatat. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan berapa lama essential oil tersebut.

Ada beberapa pakar yang menyatakan bahwa essential oil bersifat aging seperti wine, semakin lama semakin disimpan maka aromanya semakin bagus. Hal ini berlaku untuk minyak-minyak  “berat”  dan kental, seperti : minyak nilam (patchouli oil), minyak cendana (sandalwood), minyak gaharu (agarwood), minyak akar wangi (vetiver oil). Bahkan beberapa buyer, khususnya industri parfume lebih menyukai minyak-minyak diatas yang sudah di-aging.

img_20170203_081025

Minyak gaharu

Pengalaman yang saya alami adalah buyer, terutama dari buyer Timur Tengah, lebih menyukai minyak gaharu yang sudah lama disuling atau disimpan. Harganya pun akan semakin mahal jika minyak tersebut disimpan dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan minyak gaharu yang di-aging akan mempunyai aroma yang sweet, berat dan menyenangkan. Selain itu, warnanya semakin gelap dan tekstur minyaknya semakin kental.  Bila essential oil gaharu atau oud semakin kental dan old, daya ikat terhadap aroma lain dan daya tahan aromanya semakin lama. Inilah fungsi aging yang sebenarnya.

 

 

 

 

 

Berapa Lama Daya Simpan Essential Oil?

Banyak pertanyaan yang saya terima dari beberapa pelanggang kami mengenai apakah essential oil bisa expired atau rusak?

Kali ini Saya ingin sharing mengenai daya simpan esential oil yang saya ketahui dari beberapa literatur. Check this out!

weight-loss-essential-oils

Walaupun Essential Oil adalah bahan alami dan mempunyai daya tahan kuat terhadap bakteri dan jamur, serta bersifat aging seperti wine,  kita tetap harus memperhatikan daya simpannya (maximum shelf-life) atau daya tahannya saat setelah dibuka. Hal ini karena essential oil mengandung berbagai komponen kimia yang mudah menguap dan ada sebagian yang “sensitif” atau rentan terhadap paparan cahaya atau panas.

Ketika kita mengetahui bagaimana daya simpan essential oil, kita dapat menjaga kualitas dari minyak ini.

Menurut beberapa literatur, semakin dingin temperatur, semakin lama daya tahan essential oil selama penyimpanan.

Jennie Harding dalam “The Essential Oils Handbook” Mengatakan bahwa essential oil mempunyai masa simpan atau waktu expired setelah minyak ini dibuka dari botolnya. Dan daya simpam tersebut diukur dalam suhu dingin. Berikut penjelasannya :

  • Dalam refrigator.

Minyak-minyak citrus, seperti : orange, lemon, lime, mandarin, tangerine, dan bergamot, sekali membuka tutup dari botol minyak-minyak ini, langsung disimpan dalam refrigator. Daya simpan minyak ini selama 1 tahun dalam refrigator. Seperti minyak citrus, minyak tea tree juga mempunyai daya simpan selama 1 tahun dalam refrigator setelah dibuka dari tutup botol.

Mengapa demikian?

Beberapa pakar aromatherapy dan essential oil mengungkapkan bahwa dalam minyak citrus terkandung senyawa linalol dan vit. C, yang bersifat phototoxic. Jika terkena paparan cahaya berlebihan dan suhu panas, senyawa dan zat tersebut akan rusak. Hal ini akan menurunkan kualitas dan minyak itu sendiri.  Tips lain dari saya adalah simpan diruang gelap dengan botol gelap. Untuk essential oil lain daya simpan setelah dibuka adalah dua tahun dalam refrigator.

  • Pada temperatur dingin (10 derajat celcius)

Minyak citrus dan tea tree mempunyai daya simpan dalam suhu ini,  setelah dibuka dari botol, yaitu selama 6 bulan. Sedangkan minyak lainnya, mempunyai daya simpan selama 1 tahun.

Apa yang terjadi bila minyak citrus atau tea tree atau essential oil lain mengalami kerusakan?

Menurut Jennie Harding beberapa tanda yang menunjukan bahwa essential oil kita telah expired atau rusak dikarenakan terkena cahaya atau faktor lainnya,  yaitu : cloudy atau sticky dalam botol, kehilangan intensitas aroma atau fragrans nya,  dan kadang-kadang berbau asam.

So guys, kualiatas dan daya simpan essential oil harus diperhatikannya. Walaupun tidak berdampak buruk buat kesehatan kita, namun kualitas therapeutic atau manfaat aromatherapy nya akan berkurang bila telah terjadi kerusakan.

Semoga informasi ini bermanfaat😊

👉pls comment dibawah untuk diskusi lebih lanjut.

 

 

 

 

 

 

Mengobati luka dengan minyak Kunyit

Kali ini saya ingin share mengenai pengalaman menggunakan minyak kunyit untuk mengobati pendarahan pada luka yang diakibatkan oleh sayatan benda tajam atau goresan. Bukan luka hati ya ups🙊

Screenshot_2017-06-04-09-10-13.png

Saat memasak didapur, gak sengaja tangat saya teriris pisau. Perih dan berdarah. Hmm kebetulan saya gak pernah siapkan obat peredah seperti be****ne dan lainnya. Jadi agak panik, ketika darah menguncur deras dari jari saya.

Akhirnya saya teringat dengan minyak kunyit (EO turmeric) yang kami punya. Langsung deh saya gunakan minyak ajaib ini.

Pertama yang saya lakukan adalah mencuci luka saya dengan air dan mengoleskannya dengan minyak kunyit yang sudah didilute atau diencerkan terlebih dahulu. Kebetulan saya langsung gunakan pipet tetes. Barangkali juga bisa gunakan kapas atau kain kasa.

Minyak kunyit diencerkan dengan minyak kelapa murni atau vco. Mungkin bisa juga menggunakan minyak lain sebagai pengencer. Perbandingan minyak kunyit dan VCO yang saya campurkan adalah minyak kunyit 20 tetes dalam 5 ml vco.

Ketika dioles ke kulit yang sedang berdarah, rasanya agak sedikit perih. Tapi gak perih bangat.  Dan ini pun bisa untuk anak-anak. Saran saya sebaiknya jika untuk anak-anak atau balita, minyak kunyit yang dicampur ke dalam minyak carir seperti vco atau zaitun tidak terlalu banyak. Takarannya bisa dikurangi, misalnya 10 tetes dalam 10 ml minyak karir atau kurang dari itu.

Reaksi minyak kunyit terhadap luka sangat cepat. Setelah diolesi dua kali. Darah langsung berhenti.

Selang 3 jam saya olesi kembali luka sayatan tersebut dengan minyak kunyit. Alhamdulillah, luka mengering dalam 1 hari. Luar biasa!

Dari beberapa literatur yang saya baca,  sebenarnya Minyak kunyit sudah lama dikenal sebagai antibiotik dan disinfectan alami. Selain itu minyak ini juga digunakan untuk pengobatan diabetes.

Jika dilihat dari kandungan senyawa kimia alami minyak ini, ada beberapa senyawa yang sudah terbukti sebagai antibiotik alami atau anti bakteri alami. Ini sih menurut beberapa pakar aromatherapy. Nah, senyawa-senyawa tersebut antar lain :  ar-turmerone (27%), zingiberen (11.6%- 16.8%), 1.8 cineole (3%) dan lainnya.

Konon, dalam pengobatan aryuveda india, minyak kunyit juga digunakan untuk pengobatan luka, infeksi dan lainnya.

so, sahabat, banyak bahan-bahan alami disekitar kita yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apalagi bahan alami tersebut mudah didapatkan disekitar kita.

Sebenarnya jika tidak menggunakan minyak kunyit, kita juga bisa gunakan kunyit mentah untuk mengobati luka. Caranya adalah kunyit dihaluskan dan langsung dibalur ke luka. Kemudian, jangan lupa ditutup dengan kain kasa.

Atau agar lebih efektif, sebelum kunyit dihaluskan, kunyit dibakar terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengeluarkan senyawa aromatica atau essential oilnya. Karena pada dasarnya essential oil lebih efektif dibanding herbal itu sendiri.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Khusus buat bunda, jangan panik jika anak tersayat benda tajam. 😊

Manfaat Minyak Adas or Fennel Oil

Screenshot_2017-05-22-19-28-27-1.png

Adas adalah salah satu rempah asli indonesia. Rempah ini sudah digunakan secara trandisional oleh masyarakat Pulau Jawa sebagai bumbu dan obat bagi ibu dan anak.

Beberapa customer Mikala Aromatica selalu menggunakan minyak adas untuk memperlancar ASI. Baik biji adas maupun essential oil adas, Secara exprerience sudah terkenal mempunyai berbagai khasiat, seperti : untuk mengobati penyakit kholic pada baby, sakit perut, dan sebagai pelancar ASI.

Seorang Custumer mikala atomatica telah membuktikan ini saat selesai melahirkan. Kebetulan beliau seorang Dokter. Setelah selesai melahirkan beliau menggunakan minyak ini untuk memijat payu darah setelah mandi. Minyak fennel dicampurkan kedalam carrir oil dan hasilnya, stok ASI melimpah beliau melimpah.

IMG_20170413_060640

Stok ASI Customer kami.

Disadur dari http://www.organicfact.com, ternyata essential oil adas mempunyai beberapa manfaat yaitu :

1. Sebagai anti septic alami

Rata-rata essential oil mempunyai manfaat sebagai anti septic alami, termasuk minyak adas (fennel oil).

Minyak adas dapat digunakan sebagai anti tetanus saat terjadi luka. Minyak ini tidak perih dikulit walaupun digunakan tanpa carir oil. Namun, baiknya menggunakan carir oil saat diaplikasikan ke kulit kita secara langsung.

2. Sebagai Antispasmodiac

Angin-aginan (masuk angin) atau kejang atau dikenal dengan sebutan spasm, merupakan salah satu kontraksi abnormal yang sering terjadi terutama pada sistem pernapasan, usus, otot, syaraf yang dapat menyebabkan batuk menahun, tersedak, kram, dan lainnya.

Minyak adas atau Fennel essential oil dapat merelaksasikan otot, usus, syaraf, dan sistem pernafasan. Minyak ini bekerja cepat untuk meredahkan gangguan tersebut.

3. Sebagai Pencahar Alami (aperitif)

Minyak adas ternyata sebagai pencahar alami. Jujur, saya juga baru tahu hehe.. Akan tetapi sifat pencahar ini tidak terlalu keras.  Jadi minyak adas dapat membersihkan usus dan sebagai anti konstipasi. Wow

4. Sebagai penghilang Gas Berlebihan Pada Usus

Gas berlebihan pada perut terutama pada usus dapat menyebabkan gangguan hormon dan penyakit lainnya. Apalagi jika sudah cronic. Nah guys, minyak adas ternyata dapat menghilangkan gas berlebihan tersebut dan masalah pencernaan seperti : begah dan lainnya hingga sesak dan sakit pada dada. Jika berlebihan, gas ini dapat menyebabkan jantung berdegup kencang atau serangan jantung. Sifat therapeutic ini dikenal sebagai CARMINATIVE

5. Mencegah dan mematikan parasit dalam perut seperti cacing.

Adas mempunyai sifat therapeutic lain yaitu vermigue. Minyak adas ternyata dapat membunuh dan menghancurkan cacing dan spora atau telurnya didalam usus atau anus. Jadi minyak ini sangat baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Sehingga, dengan mengonsumi minyak adas, dapat mencegah malnutrisi pada anak.

6. Sebagai pelancar keluarnya Urin dan kuantitas urin.

Sifat therapeutic ini disebut sebagai dieutic. Ternyata minyak adas dapat meningkatkan frekuensi pipis dan kuantitas urin yang dikeluarkan. Selain itu, minyak adas dapat membantu mengeluarkan zat-zat yang berlebihan lada tubuh seperti : kelebihan air, sodium, uric acid, dan racun-racun dari dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, minyak adas dapat membersihkan ginjal dan menurunkan lemak jahat pada tubuh.

Perhatian : jika kita punya kadar air dalam tubuh sedikit, sebaiknya jangan terlebih dahulu menggunakan minyak ini karena jika frekuensi pengeluaran utin meningkat, kita bisa dehidrasi.

7. Mengatasi masalah menstruasi

Perempuan biasanya mengalami maslaah satu ini setiap bulannya. Baik sakit, stress dan lainnya. Minyak adas mempunyai sifat therapeutic yang disebut sebagai Emmenagogue, yaitu selain dapat menghilangkan ketidaklancaran haid dan membuat lancar haid setiap bulannya, juga dapat meredahkan gejala atau syndrom pms atau datang bulan seperti sakit kepala atau pusing, sakit atau cram diperut, emosi berlebihan.

Sst… satu lagi. Minyak adas ternyata dapat mencegah prematur menopause.  

Yuk gunakan minyak adas sist😊. Coba yuk.

 8. Memperlancar Suplai ASI.

Sifat therapeutic ini dikenal sebagai Galactogogue. Minyak adas dapat meningkatkan jumlah ASI dan dapat meningkatkan hormon estrogen. Jika momy mengonsumsi minyam adas atau extra adas, baby-nya dapat terhindar dari penyakit perut, cholic dan cacingan. 

9. Sebagai pelancar BAB

Sifat therapeutic lainnya yaitu laxatif atau pencahar atau pelancar constipasi baik cronic ataupun acute dan tidak menimbulkan efek samping.

10. Sebagai Tonic untuk tubuh.

Minyak adas dapat meningkat sistem imun dan dapat berfungsi sebagai ton8k bagi sistem pencernaan, pernapasan dan lainnya.

11. Sebagai anti oksidant untuj darah.

Seifat therapeutic lain dari adas adalah dapat mendetoks dan memurnikan darah dari berbagai pengotor seperti uric acid, urea dan lainnya. sifat ini disebut sebagai depurative.

12. Sebagai expectoran.

Minyak adas dapat membantu mengeluarkan dahak dan dapat mengatasi batuk kronic, bronkhitis dan lainnya.

13. Mencegah dan menghilangakn kerutan pada kulit dan selulit.

Perhatian : minyak adas mengandung senyawa trans anethole yang dapat mengeluarkan hormon esteogen. Jadi baiknya minyak ini tidak digunakan oleh ibu hamil, penderita kanker payu dara atau tumor, dan utireine cancer.

Pengunaan minyak adas harus sesuai dosis dan berdasarkan petunjuk.

^Aroma minyak adas : Licorice, sweet, honey.

^Rasa minyak adas : manis dilidah dan tidak getir

^ senyawa utama minyak adas : E-anethole, fenchol, α-pinene

Minyak ini dapat dicampur dengan essential oil lainnya seperti: Sandalwood, Lavender, Geranium and Rose oils.

Mikala jual minyak adas ya : RP. 110.000 per 15 ml. Sudah tersedia di Shopee.com. Jadi free ongkir ya say. 😊

IMG_20170506_100122

Sumber :

http://www.organicfacts.net, www.doterra.com

Minyak Kayu Manis dan Manfaatnya

Kayu Manis merupakan salah satu rempah asli Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat dunia. Hampir dalam setiap produk bakery, menggunakan rempah satu ini. Kayu manis juga menjadi salah satu aroma favorit saat musim gugur dan taste favorite dalam beberapa kue khas masyarakat benua Eropa dan Amerika.

Kayu-Manis-Jawa-Huru-Mentek-Kiamis-Onte-1.jpg

Kayu manis (sumber : kayu-manis.com)

Di Indonesia tanaman kayu manis tumbuh hampir disetiap daerah, namun daerah penghasil kayu manis terbesar adalah Sumatera Barat dan Utara. Jenis kayu manis yang dihasilkan adalah cassiavera atau Cinnamomum Burmanii. Kayu manis ini adalah kayu manis khas Indonesia.

Dalam dunia aromatherapy, kayu manis dikenal dalam dua bentuk yaitu minyak kayu manis (Cinnamon Bark Oil) dan Minyak daun Kayu Manis (Cinnamon Leaf Oil).  Indonesia saat ini hanya memproduksi minyak kayu manis (cinnamon bark) saja.

Minyak kayu manis yang diproduksi di Indonesia, menggunakan steam distillation dan water steam distillation. Namun ada beberapa perusahaan yang memproduksi minyak ini menggunakan Super critical CO2.

Berdasarkan beberapa referensi, minyak kayu manis dikatakan mempunyai kandungan antioksidant yang tinggi, yang sangat efektif untuk mengatasi masalah pencernaan atau perut, mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah dan sirkulasi darah, serta sebagai salah satu minyak penurun berat badan.

11ab14d9704cd84ffe0fc505991af517_kayu-manis1-1024x576.jpg

Cinnamon bark (laptopsiunyil.blogdetik.com)

Untuk lebih detail, berikut beberapa manfaat minyak kayu manis yang dikutip dari doktersehat.com

1. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung anti oksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

2. Anti Infeksi
Kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

3. Meningkatkan fungsi otak
Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer.

4. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

5. Menurunkan kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

7. Menghangatkan
Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

8. Mencegah penggumpalan darah
Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

9. Meringankan sakit pada penderita rematik
Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

10. Obat serbaguna
Kayu manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, selain itu juga mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Kayu manis memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

Dalam dunia Aroma (essential oil), Aroma kayu manis dapat didefinisikan sebagai : Peppery, Earthy, Spicy, Bright, Slightly, woodsy.

Berdasarkan beberapa kajian, Karakteristik terapi (theraputic Properties) dari minyak ini adalah : Anti bacterial, Anti coagulant, anti-infection, anti inflamatory, anti microbial, anti oxidant, anti parasitic, antiseptic, antiviral, astringent, warming

Beberapa kegunaan minyak kayu manis dalam kajian aromatherapy yaitu :

  1. Body & Mind

Minyak Kayu manis dapat menurunkan berat badan, menstimulasi libido, menstimulasi sistem kekebalan tubuh, meredahkan depresi, mengurangi kolesterol dalam darah, anti bakteri dan virus serta radikal bebas, mengobati tenggorokan dan mencegah sakit kepala.

2. Hair & Beauty

Minyak kayu manis Mengatasi inflamasi dan luka, mencegah dan menghilangkan jerawat, dan infeksi kulit lainnya.

  3. Home

Minyak kayu manis dapat membunuh bakteri dan germs, serta dapat digunakan sebagai pembasmi serangga.

Minyak ini dapat dicampur atau blend dengan : frakincense, lemon, tea tree, mandarin, orange, rosemary, ylang-ylang atau cananga.

Dapatkan minyak kayu manis 100% pure essential oil disini  atau kontak ADMIN (081380359541)

cek instagram kami : @mikala_aromatica

DAFTAR HARGA ESSENTIAL OIL UPDATE

DAFTAR HARGA ESSENTIAL OIL

Dalam kemasan 100 ml. Tesedia juga dalam kemasan 15 ml. Pembelian dalam liter lebih murah

Nama Indonesia Nama Inggris nett vol Harga
Adas Fennel Oil 100 ml                                                         420,000
Akar Wangi Vetiver oil 100 gram                                                         700,000
Cendana Sandalwood oil 100 gram                                                  3,800,000
Cengkeh (Bunga) Clove bud Oil 100 ml                                                     250,000
Cengkeh (daun) Clove leaf Oil 100 ml                                                         200,000
Gaharu (garade B) Agarwood oil 100 gram 13.000.000
Gandapura Wintergreen oil 100 ml                                                         200,000
Jahe Ginger oil 100 ml                                                         360,000
Jeruk Purut Keffir Lime Leaf Oil 100 ml                                                         370,000
Kapulaga Cardamom Oil 100 ml                                                         420,000
Kayu Manis Cinnamon Bark Oil 100 ml                                                         500,000
Kenanga (bunga) Cananga Oil 100 ml                                                         320,000
Kencur Zedoary Oil 100 ml                                                         500,000
Kunyit Turmeric Oil 100 ml                                                         350,000
Lada Hitam Black Pepper Oil 100 ml                                                         400,000
Lengkuas Galangal Oil 100 ml                                                         350,000
Lemon Lemon oil 100 ml                                                         300,000
Nilam Pathouli Oil 100 ml                                                         280,000
Pala Nutmeg Oil 100 ml                                                         300,000
Palmarosa Palmaorsa oil 100 ml                                                         450,000
Peppermint Peppermint oil 100 ml                                                         450,000
Serai Dapur Lemongrass Oil 100 ml                                                         300,000
Serai Wangi Citronella Oil 100 ml                                                         250,000
Sirih Pipper Betel leaf Oil 100 ml                                                         420,000

Kontak ADMIN :

Whatsapp : 081380359541 (Chat Only), Email : amina.alu@gmail.co

Instagram : @mikala_aromatica

Minyak Cengkeh dan Manfaatnya

Cengkeh (Eugenia Caryopyllata) sudah sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia. Rempah satu ini adalah salah satu pencetus datangnya bangsa kolonial ke Indonesia. Berdadarkan catatan sejarah, cengkeh pertama kali ditemukan di dataran pulau Halmahera, Maluku Utara. Kemudian oleh penjajah, benih cengkeh disebarkan hingga ke Madagaskar. Saat ini, Indonesia menjadi penghasil cengkeh terbesar di dunia, setelah Madagaskar.

IMG_20170308_120849

Bunga Cengkeh

Dalam pasar internasional, cengkeh dikenal dalam berbagai bentuk produk, seperti : cengkeh kering (clove bud dry ), cengkeh bubuk (clove bud powder), minyak daun cengkeh (clove leaf oil), minyak bunga cengkeh (clove bud oil), dan berbagai produk turunan, seperti : eugenol, isoeugenol, methyl isoeugenol.

Guys, berdasarkan catatan sejarah, cengkeh ternyata sudah diperdagangkan sejak jaman romawi kuno. Hebatnya, rempah ini dianggap sebagai rempah ajaib. Walaupun cengkeh bukan termasuk makanan, rempah ini telah dinobatkan sebagai makanan dengan kadar anti oksidant tertinggi dengan nilai ORAC SEKITAR 290.238 UNIT.

Secara tradisional, cengkeh banyak digunakan sebagai bahan anti bakteri, rempah, dan obat sakit gigi di wilayah Maluku. Bahkan beberapa masakan khas Maluku Utara sering menambahkan cengkeh sebagai pengawet alami, khususnya untuk seafood. Dalam pengobatan luar, cengkeh dikenal sebagai penyembuh masalah pencernaan dan gastrointestinal problem. Selain itu, cengkeh juga mempunyak kemampuan anesthetic, sehingga oleh masyarakat luar negeri, cengkeh digunakan sebagai herbal untuk pengobatan berbagai sakit dan pegal-pegal.

Kemampuan cengkeh sebagai anti bakteri dan pengawet alami tersebut ternyata disebabkan oleh adanya essential oil cengkeh yang mengandung senyawa eugenol sekitar 60-70%. Essential oil ini didapatkan dengan cara penyulingan daun atau bunga cengkeh kering.

Guys, jangan salah pilih ya, minyak essential cengkeh ada 3 macam, yaitu : minyak daun cengkeh (clove leaf oil), minyak ranting cengkeh, dan minyak bunga cengkeh (clove bud oil)

Seperti disebutkan diatas, Essential oil cengkeh sangat bermanfaat. Beberapa manfaatnya dirangkum dari berbagai sumber, sebagai berikut :

  1. Obat Sakit Gigi

Secara tradisional, minyak cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi. Seiring dengan perkembangan penelitian, minyak ini sudah merambah menjadi salah satu dental care dan banyak digunakan dalam kedokteran gigi. Senyawa ampuh eugenol dalam minyak cengkeh lah yang berfungsi aktif dalam melawan bakteri perusak gigi.

Cara Penggunaan :

Campurkan sesendok minyak bunga cengkeh dengan sesendok minyak kelapa murni (VCO). Gunakan cotton balls untuk mengelap gigi yang sakit dengan campuran minyak ini.

2. Menenangkan peradangan pada mulut dan Tenggorokan (anti Inflamasi)

Berkumur dengan minyak cengkeh yang diteteskan kedalam air hangat dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi kita. Selain dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, minyak cengkeh juga sangat efektif dalam mengatasi masalah tenggorokan dari refluks asam, infeksi bakteri, dan virus, seperti : radang tenggorokan dan radang amandel.

Cara Penggunaan :

Larutkan 1 sendok teh garam dalam secangkir air hangat dan tambahkan 10 tetes minyak cengkeh kedalamnya. Berkumurlah dengan larutan ini, dua hingga tiga kali sehari.

3. Memperbaiki Pencernaan dan Meredahkan Kembung

Minyak cengkeh membantu proses pencernaan dengan mempromosikan sekresi enzim pencernaan, sehingga minyak cengkeh dipercaya dapat meningkatkan motilitas pencernaan dan membantu pergerakan makanan bawah saluran pencernaan. Selain itu, minyak cengkeh bermanfaat sebagai carminatif yang dapat meredahkan perut kembung.

Cara Penggunaan :

Untuk Masalah Pencernaan : Didihkan 2 cangkir air dengan satu sendok teh biji jintan selama 5 menit. Biarkan hingga dingin. Saring ke dalam gelas dan tambahkan 5 tetes minyak cengkeh. Kita dapat menambahkan ekstrak stevia atau madu untuk membuat minuman ini lebih enak dimulut, terutama bagi anak-anak. Minumlah 100 ml sebelum atau sesudah makan.

Untuk Mengatasi Kembung : Tambahkan 2-3 tetes minyak cengkeh kedalam secangkir air hangat dan minumlah.

4. Mencegah dan Meringankan Kelelahan

Minyak cengkeh termasuk minyak penambah energi. Minyak ini dipercaya dapat mengurangi agregasi platelet. Selain itu, minyak juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan dapat sebagai tonik jantung serta stimulator otak. Sehingga minyak ini dapat membantu mengatasi kelelahan fisik dan mental.

Penggunaan minyak cengkeh untuk kelelahan yaitu berbentuk aromaterapi. Caranya : Gunakan minyak cengkeh dalam diffuser, atau dua tetes minyak cengkeh diencerkan dengan satu sendok teh carrier oil dan massage pada titik-titik refleks. Tambahkan beberapa tetes ke dalam air mandi untuk menghilangkan rasa lelah otot setelah melakukan banyak aktifitas

5. Meningkatkan Performa Sex 

Penggunaan secara topical minyak cengkeh dikatakan dapat menibgkatkan kemampuan sex dan mencegah ejakulasi dini. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat meningkat sirkulasi darah diaerah genital.

Cara penggunaan :

Encerkan beberapa tetes clove bud oil (CBO) kedalam carrier oil atau lubrikan gel.

6. Meredakan Sakit Kepala

Sifat analgesik dari eugenol dapat meredahkan sakit kepala dan lainnya secara cepat. Selain itu, karena minyak ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, reaksi terhadap sakit kepala juga cukup signifikan dan cepat, sehingga minyak cengkeh pun dapat mengobati sakit kepala yang diakibatkan oleh penyakit lainnya,  seperti : stres dan sinuitis

Cara Penggunaan :

Campurkan beberapa tetes minyak clove bud kedalam olive oil atau coconut oil Mix a few drops of clove oil in coconut oil dan lakukan pemijatan lembut. Atau gunakan sebagai minyak difuser.

7. Mengatasi dan Meredakan Masalah Pernapasan

Minyak cengkeh telah lama digunakan sebagai bahan obat salep atau balm untuk meredahkan sinus atau sesak akibat bronchitis dan alergi terhadap dingin.

Cara Penggunaan :

Menggunakan inhalasi atau difuser dengan 2-3 tetes minyak clove bud oil dan eucaliptus oil atau minyak kayu putih asli.

8. Pereda Sakit Setelah Olah Raga dan Rematik

Rematik adalah penyakit yang lazim ditemukan pada masyarakat indonesia khususnya untuk kaum manula. Ternyata minyak cengkeh dapat digunakan sebagai anti rematik. Efektif anti rematik ini bisa didapatkan dengan mencampurkan minyak cengkeh dengan pepermint oil dan arnica. Atau juga fapat menambahkan minyak citronella

9. Meredakan sakit telinga

Minyak cengkeh telah dibuktikan juga sebagai pereda sakit pada telinga. Karena minyak ini bersifat sebagai analgesik dan anasthetic

Cara penggunaan :

Campurkan 2 tetes clove bud oil kedalam 1 sendok makan sesame oil. Teteskan 1-2 drops untuk dicampur dengan sesame oil.

10. Excellent pesticide and herbicide

Minyak cengkeh pada umumnya dapat digunakan juga sebagai pestisida dan herbisida. Kita bisa menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara Penggunaan :

Campurkan masing-masing 2 sendok makan clove oil dan neen oil kedalam air sebanyak 8 liter. Campurkan dengan emulsifier hingga menyatu dan kocok. Semprotkan ruangan atau pekarangan rumah anda dengan campuran diatas. Campuran ini dapat digunakan untuk mencegah hama tanaman.

Caution:

Clove oil dapat meningkatkan kadar diabetes. Orang yang mempunyai riwayat masalah coagulans dalam darah darah sulit membeku, sebaiknya hindari pemakaian minyak ini. Penggunaan minyak cengkeh harus berdasarkan ketentuan.

Orang hamil tidak direkomendasikan menggunakan minyak ini.

Tersedia clove bud oil dala kemasan 15 ml. Untuk pemesanan, silahkan hubungi : 081380359541

Sumber : http://www.naturallivingidea.com

Manfaat Lemongrass Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lemongrass adalah nama dagang untuk tanaman serai atau sereh dapur. Tanaman ini merupakan salah satu rempah masakan Indonesia yang kaya akan manfaat, seperti sebagai anti septik alami dan juga anti inflamantory.

IMG_20170210_092901.jpg

Tanaman Serai (Cymbopogon citarus)

Lemongrass termasuk dalam jenis rumput-rumputan dari keluarga Poaceae dan mempunyai nama latin Cymbopogon citarus. Di Indonesia, tanaman ini termasuk tanaman yang biasanya ditanam dipekarangan rumah sebagai salah satu sumber bumbu masak.

Dalam dunia Essential oil, lemongrass adalah salah satu primadona skincare dan bahan baku aromatherapy serta parfume. Minyak lemongrass diperoleh dari hasil penyulingan daun tanaman serai. Minyak yang didapatkan berwarna kuning bening, tidak kental, dan beraroma khas serai. Minyak ini mengandung senyawa citral, sehingga minyak ini sering disebut sebagai rumput lemon atau lemongrass.

Guys, Mengapa lemongrass sangat banyak digunakan dalam kosmetik?

dc0b4b3e23ca50d8660a16fe9722bbe8

Ternyata hal ini dikarenakan minyak ini banyak mengandung nutrisi atau zat therapeutic penting yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Nutrisi tersebut yaitu : Calcium, Copper, Folate, Besi, Magnesium, Mangan. Asam Pantothenic, Potassium, Protein, Vitamins B1, B2, B3, and B6, Vitamin C serta Zinc (naturallivingideas.com)

Berdasarkan catatan aromatherapys dan herbalis, kadar zat besi dalam minyak lemonggras sangat tinggi. Zat ini bermanfaat membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sementara, zat-zat lain seperti mangan, sangat bermanfaat sebagai mineral penting untuk tulang dan kulit kita serta membantu menstabilkan gula darah. Jadi, zat-zat penting dalam minyak lemongrass bagus untuk terapi diabetes. Adapun, Vitamin B yang terkandung dalam minyak ini sangat bagus untuk metabolism tubuh dan cel. Selain itu, vitamin B-9 sangat bermanfaat untuk kesehatan hati.

Berdasarkan catatan dalam draxe.comnaturallivingideas.com, organicfacts.com, minyak lemongras memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan, yaitu :

  1. Sebagai anti inflamasi dan anti oksidant alami
  2. Sebagai mengandung senyawa Anti Bakteri dan Anti Jamur
  3. Dapat membantu menurunkan demam (anti piretic)
  4. Sebagai Obat pereda nyeri atau penenang (Sedative)
  5. Dapat membantu mengeluarkan gas-gas beracun dalam usus (carminative)
  6. Sebagai anti septik alami untuk luka dalam dan luar
  7. Dapat meningkatkan urinasi, sehingga membantu membuang racun yang menumpuk dalam ginjal
  8. Sebagai bahan astringen

Dengan manfaat diatas, minyak lemongrass dapat diaplikasikan dalam suatu produk dengan kegunaaan sebagai berikut :

  • TOPICAL PAIN RELIEF (Muslce Relaxer)

Salah satu kegunaan minyak lemongrass yaitu sebagai anti inflamasi, sehingga minyak ini dapat digunakan sebagai obat luar, seperti : minyak pijat dan juga minyak gosok lainya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada punggung atau pada otot lainnya. Cara Penggunaan : Campur 2 tetes minyak lemongrass ke dalam 1 sendok makan minyak VCO atau Carrier oil lainnya. Oleskan ke area yang sakit atau luka.

  • MOOD ENHANCEMENT

Aroma minyak lemongrass yaitu segar lemon dan earthy. Aroma ini dapat digunakan sebagai bahan pengharum ruangan. Aroma minyak ini membuat kita merasa bersih, fresh, relaks. Selain itu, aroma minyak ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan meredahkan depresi.

  • SKIN CARE

Karena bersifat antibakteri dan jamur, minyak lemongrass banyak diaplikasikan dalam produk-produk skincare untuk mengatasi jerawat punggung, wajah dan penyakit gatal-gatal pada kulit lainnya. Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan sebagai facial mask untuk membuat wajah terlihat fresh. Cara penggunaan :  Campurkan 3 sendok makan bentonit clay, satu sendok makan almond oil, dan 3 tetes minyak lemongrass dalam satu wadah. Tambahkan air agar semuanya bercampur hinga seperti pasta. Kemudian gunakan ke wajah hingga kering. Bilas dengan air hingga bersih. 

  • WOUND TREATMENT

Apabila kita mengalami luka, minyak lemongrass dapat berfungsi sebagai anti septik. Caranya adalah : Campurkan beberapa tetes minyak lemongrass ke dalam cariir oil dan balur pada luka.

  • HELP INSOMNIA

Kemampuan minyak lemongrass salah satunya adalah dapat mengatasi insomnia. Selain dapat meningkatkan kualitas tidur.

  • HEADACHE RELIEF

Sakit kepala dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu : karena horomon, alergy, dan tekanan. MInyak lemongrass ternyata dapat membantu menghilangkan sakit kepala. Caranya gosokkan lemongrass ke pelipis.

  • JOINT PAINT

Minyak lemongrass dapat mengurangi rasa sakit pada sendi dan dapat juga berfungsi sebagai anti arthritis. Caranya : Campurkan minyak lemongrass dengan minyak lainnya seperti geranium dan birch serta minyak karir dan usapkan ke bagian yang sakit.

  • TREATING SHOCK

Jika kita merasa shock dengan sesuatu, cara meredahkanya yaitu dengan masukkan cotton ball yang sudah ditetesi dengan minyak lemongrass sebanyak 2 tetes, kedalam lubang hidung.

  • HEARTBURN (PANAS DALAM)

Campurkan beberapa tetes minyak lemongrass kedalam minyak karir dan usapkan ke dada dan kerongkongan untuk meredakan.

  • FEVER REDUCER

Minyak Lemongrass dapat mengatasi sakit yang disebabkan oleh tertumouknya racun dalam tubuh maupun Karena alergi dan infeksi.

  • INDIGESTION

Campurkan beberapa tetes minyak lemongrass ke dalam almond oil dan usapkan ke perut untuk meredahkan sakit.

  • INSECT REPELLANT

Minyak Lemongrass dapat digunakan untuk mengatasi kutu dan nyamuk

  • CHOLESTEROL & HIGH BLOOD PRESSURE

Minyak lemongrass ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, minyak ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  • FATIGUE

Jika kita mengalami kelelahan, kita dapat mengatasinya dengan cara mengosok minyak lemongrass yang telah dicampur dengan vco ke pelipis.

  • DETOXIFICATION

Minyak lemongrass dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh melalui urin, sehingga ginjal kita menjadi lebih bersih.

PERHATIAN!

  • Bagi orang sensitif kadang minyak lemongrass membuat iritasi, seperti batuk atau asma
  • Jika berkulit sensitif, minyak lemongrass kadang membuat kulit memerah. Oleh karena itu baiknya gunakan hanya sedikit saja.
  • Tidak cocok untuk ibu hamil.

Complimentary Oils

Lemongrass oil dapat dicampur dengan minyak eucalyprus, malaleuca cajuput (minyak kayu putih), geranium, levender, dan rosemary essential oil.  

Kami menyediakan Lemongrass oil 100% pure essential oil. Untuk pemesanan, silahkan hubungi nomor Whatsapp : +6281380359541 (fast response)

Cek promo di instagram : @mikala_aromatica

 

JUAL AGARWOOD OIL atau OUD

Hallo!,

Saat ini telah tersedia minyak gaharu asli 100% pure dari tiga wilayah yang berbeda. Kami buka kesempatan buat anda untuk kerja sama jangka panjang dengan harga terjangkau untuk dijualkan kembali. Tersedia :

  1. Kalimantan Agarwood oil : IDR 130.000 per gram
  2. Merauke Agarwood oil       : IDR 125.000 per gram
  3. Sumatera Agarwood oil     : IDR 115.000 per gram

HARGA BISA KURANG DENGAN PERSYARATAN PEMBELIAN MINIMAL 500 GRAM.

Tersedia dalam kemasan 10 gram. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor kontak : +6281380359541 (mikala)

Cek Instagram kami : @mikala_aromatica untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami. kepoin juga promo-promonya ya 🙂

CONTOH MINYAK DAPAT DILIHAT PADA GAMBAR DIBAWAH INI :

 

Buruan Order!